Akui Peran Niniak Mamak, Wako Payakumbuh Singgung Pembebasan Lahan
LANGGAM.ID | 08/04/2021 09:27
Akui Peran Niniak Mamak, Wako Payakumbuh Singgung Pembebasan Lahan
Pertemuan ninik mamak dengan para cagub Sumbar (Foto: Rahmadi/Langgam)

Langgam.id – Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan pemerintah perlu menjaga hubungan baik dengan kalangan niniak mamak. Sebab peran niniak mamak bisa mempengerahui kelangsungan pembangunan terutama dalam persoalan lahan.

“Pemerintah harus baelok-elok (berbaik-baik) dengan niniak mamak, apa yang bakal dibangun kalau tanah saja tidak bisa dibebaslahankan,” kata Riza, Rabu (7/4/2021).

Hal itu disampaikan Riza saat pengukuhan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo.

Dia berpendapat perlunya perda adat sebagai perda inisiatif DPRD. Hal itu untuk memastikan adanya payung hukum sebagaimana yang diharapkan niniak mamak.

“Urusan adat ini luas. Silahkan usulkan kepada wali kota mau diapakan nagari dengan perda itu. Kita bahas persoalan tertinggal, tidak bisa selesai oleh wali kota sendiri,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu, dia juga menyampaikan Pemko Payakumbuh sedang menjalin kerjasaman untuk membangun kampus di Payakumbuh. Dengan adanya kampus di Payakumbuh, kata dia, tak perlu biasa besar bagi orang tua untuk menguliahkan anaknya.

“Agar banyak anak kuliahan di Payakumbuh, generasi muda kita tak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah untuk kuliah, mereka bisa bersekolah tanpa khawatir biaya ekstra, tapi outputnya tetap luar biasa,” ucap Riza.

langgam.id


BERITA TERKAIT