TNI AL Berikan Eks Kapal Perang KRI Teluk Ratai ke Pemko Pariaman
LANGGAM.ID | 08/06/2021 09:25
TNI AL Berikan Eks Kapal Perang KRI Teluk Ratai ke Pemko Pariaman
KRI Kujang-642 menembakan rudal C-705 ke target sasaran di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Kamis 8 April 2021. TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan latihan operasi laut gabungan untuk menguji kesiapsiagaan peralatan tempur atau Alutsista di lapangan. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

Langgam.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) memberikan bekas kapal perang KRI Teluk Ratai 509 ke Pemerintah Kota Pariaman. Eks kapal perang itu akan dijadikan Museum Angkatan Laut di Kota Pariaman.

Menjelang penyerahkan kapal itu, Pemko Pariaman telah melakukan rapat koordinasi di Markas Besar Lantamal (Pangkalan Utama TNI AL) II Padang, Teluk Bayur, Padang, Senin (7/6/2021).

“Dengan adanya bekas kapal perang ini, akan menjadi bukti sejarah, bahwa Kota Pariaman dulunya adalah pangkalan AL pertama di pulau Sumatra, dan menjadi kebanggaan tersendiri nantinya untuk pemerintah sendiri dan masyarakat,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Senin (7/6/2021).

Genius menginginkan museum itu nantinya menjadi magnet wisatawan untuk datang ke Pariaman. Keberadaan museum dari kapal perang itu juga akan menjadi edukasi kepada pelajar tentang sejarah bahari dari Kota Pariaman.

Dia mengatakan, Pemko Pariaman akan kembali mengadakan rapat pada pekan ini di Satlinlamil, Armada II Surabaya. Dia juga akan melihat secara langsung eks KRI Teluk Ratai 509 di lokasi itu.

“Untuk kita explorasi dan memaksimalkan apa yang bisa diangkat dari kapal perang ini dalam pengembangan nantinya ketika dijadikan museum,” kata Genius.

Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Hargianto mengatakan Pariaman akan menjadi satu-satunya daerah yeng punya museum kapal perang di luar Jawa. “Dan akan menjadi kebanggaan bagi Kota Pariaman, dan Sumatra Barat,” ucapnya.

langgam.id


BERITA TERKAIT