Stok Vaksin di Payakumbuh Habis, Pemko Terpaksa Minta ke Daerah Lain
LANGGAM.ID | 16/07/2021 14:16
Stok Vaksin di Payakumbuh Habis, Pemko Terpaksa Minta ke Daerah Lain
Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyuntikan vaksin Covid-19 kepada karyawan mal saat di Mal Tangerang City, Banten, Senin, 1 Maret 2021. Dinas Kesehatan Kota Tangerang bekerja sama dengan pengelola mal melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 1.000 karyawan mal dan pekerja tenant yang bertujuan memberikan semangat dan harapan baru untuk pemulihan ekonomi Kota Tangerang di masa pandemi. ANTARA/Muhammad Iqbal

Langgam.idKepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal mengatakan, bahwa seluruh stok vaksin yang ada sudah habis tersalurkan kepada puluhan ribu warga Payakumbuh.

Menurutnya, habisnya stok vaksin ini karena tingginya tingkat partisipasi masyarakat Payakumbuh dalam mengikuti gebyar vaksinasi covid-19.

“Kita terpaksa meminjam vaksin ke provinsi dan kota/kabupaten lainnya untuk memenuhi permintaan masyarakat. Hari ini saja selesai disalurkan 1.000 dosis vaksin dalam satu hari,”  ujar Bakhrizal, Selasa (13/7/2021).

Ia mengungkapkan, vaksin yang telah tersalurkan sekitar 28.810 dosis atau suntikan. Sementara jumlah vaksin yang dibutuhkan adalah sekitar 240 ribu dosis bagi lebih dari 100 ribu orang di Payakumbuh.

“Itu angka kebutuhan vaksin untuk diberikan kepada warga kita, termasuk bagi yang berusia 12 tahun keatas karena sudah dibolehkan ikut vaksin oleh pemerintah,” terangnya.

Bakhrizal menjelaskan, bahwa gebyar vaksinasi ini juga diikuti masyarakat dari Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini karena sebagian besar mereka beraktifitas dan bekerja di Payakumbuh.

Akibatnya, vaksin yang harusnya disalurkan buat warga Payakumbuh harus berbagi.

“Petugas kita bahkan ada yang melaksanakan vaksinasi hingga malam, karena jam kerja mereka dibagi menjadi tiga shift,” bebernya.

Bakhrizal mengatakan, komitmen Wali Kota Riza Falepi dalam rangka memberikan hak masyarakat untuk divaksin ini merupakan hal yang sangat diperlukan bagi daerah. Sebab menjamin keselamatan warga dari bahaya dampak covid-19 adalah tanggung jawab pemerintah.

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT