Warga Miskin di Kota Padang Bertambah 16 Ribu KK Selama Pandemi
LANGGAM.ID | 21/08/2021 18:00
Warga Miskin di Kota Padang Bertambah 16 Ribu KK Selama Pandemi
Ilustrasi kemiskinan. Dok. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

Langgam.id – Pandemi covid-19 ditambah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berimbas pada bertambahnya warga miskin di Kota Padang. Dinas Sosial mencatat warga miskin di Kota Padang bertambah sebanyak 16 ribu KK.

“Sebelum covid-19 ada 66.000 KK miskin. Nah setelah covid-19 kita mendata menjadi 82.000 KK, bertambah sebanyak 16.000 KK selama pandemi tahun 2020 dan 2021,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi dalam keterangannya, dikutip Sabtu (21/8/2021).

Afriadi menjelaskan penyebab bertambahnya warga miskin ini karena mereka kesulitan berusaha saat penerapan PPKM. Banyak usaha mereka yang tidak jalan.

“Awal-awal penerapan PPKM, banyak pedagang kaki lima yang tidak bisa berjualan. Ini salah satu faktor yang mengakibatkan bertambahnya warga miskin di Kota Padang,” tutur Afriadi.

Menurut Afriadi, penambahan warga miskin ini sifatnya tidak permanen. Sebab setelah PPKM dilonggarkan, warga yang sebelumnya kesulitan atau tidak bisa berusaha akan kembali berusaha.

“Pastinya setelah mereka kembali berusaha, otomatis ekonomi mereka kembali berjalan dan secara perlahan-perlahan mereka kita harapkan bisa keluar dari kemiskinan,” jelas Afriadi.

Untuk meringankan dan membantu warga yang terdampak PPKM ini, Pemerintah telah memberikan bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp600 ribu.

Penerima bantuan ini adalah warga miskin yang terdampak PPKM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kita berharap dengan adanya bantuan itu setidaknya bisa meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup,” ucap Afriadi.

langgam.id


BERITA TERKAIT