DPRD Pessel: Penambahan Alat Operasional Kebencanaan Jadi Prioritas 2022
LANGGAM.ID | 20/09/2021 09:14
DPRD Pessel: Penambahan Alat Operasional Kebencanaan Jadi Prioritas 2022
Ilustrasi banjir. TEMPO/Dasril Roszandi

Langgam.id – Komisi III DPRD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyebut penambahan alat operasional kebencanaan menjadi salah satu program prioritas tahun 2022.

“Penambahan alat operasional kebencanaan harus menjadi prioritas dalam program tahun anggaran 2022 mendatang,” kata anggota Komisi III DPRD Pessel, Novermal Yuska saat mengikuti hearing bersama OPD, Minggu (19/9/2021).

Dikatakannya, perlengkapan kebencanaan termasuk dalam hal yang mendesak dan harus segera dianggarkan. Perlengkapan inilah yang dimanfaatkan untuk membantu masyarakat saat terjadi dan pasca bencana.

“Seperti perahu karet. Perahu karet dan mesin yang ada sekarang sudah tidak bisa digunakan, dan mobil operasionalnya tidak ada. Ini harus masuk program prioritas, dan bisa diakomodir tahun 2022 nanti,” jelas Novermal.

Selain alat operasional BPBD, lanjutnya, operasional pemadam kebakaran juga dalam kondisi sama. Komisi III DPRD Pesisir Selatan juga meminta pemerintah setempat memprogramkan pengadaan mobil Damkar dan sarana lainnya.

“Di Kecamatan Linggo Sari Baganti, termasuk juga Pancung Soal dan Air Pura, saat ini ditangani oleh Posko Damkar Balai Selasa dan Tapan yang jaraknya sangat jauh. Mobil Damkar sering tiba setelah rumah hangus terbakar,” lanjutnya.

Dia berharap, kondisi itu bisa jadi perhatian bagi Pemkab, dan Komisi III DPRD mendorong dari sisi anggaran ini untuk bisa diakomodir. Sebab, jika terabaikan, persoalan masyarakat jadi terlantar.

“Jadi kita harap tahun 2022, ini bisa jadi prioritas dan segera dirasakan masyarakat dampaknya,” pungkasnya.

Diketahui, rapat dipimpin Ketua Komisi lll Herpi Damson, hadir pejabat BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Dinas Lingkungan Hidup, Bappedalitbang, Dinas Kominfo dan Asisten II Setda.

langgam.id


BERITA TERKAIT