Terminal Anak Air Kota Padang Mulai Uji Coba 1 Oktober, Ini Rutenya
LANGGAM.ID | 24/09/2021 14:07
Terminal Anak Air Kota Padang Mulai Uji Coba 1 Oktober, Ini Rutenya

Langgam.id– Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Heri Nofiardi menyebut Terminal Anak Air, Kota Padang akan diuji coba pada 1 Oktober mendatang.

“Kami sudah beberapa kali rapat dengan perusahaan angkutan AKAP dan perusahaan AKDP. Jadi dalam waktu dekat akan diuji coba terminal ini,” ujar Heri Nofiandi saat dihubungi langgam.id, Sabtu (18/9/2021).

Heri menambahkan, bagi bus yang menuju Terminal Anak Air akan melewati rute Jalan Bypass dan keluar dari Jalan Adinegoro.

“Untuk yang mau keluar kota juga melawati Jalan Adinegoro di dekat putaran Christine Hakim Idea Park. Jadi dari sana langsung terhubung ke jalan Terminal Anak Air dan juga keluar ke Bypass,” sebutnya.

Dalam uji coba nanti, katanya, akan diprioritaskan kepada angkutan yang berasal dari arah utara, seperti dari Bukittinggi, Pasaman dan Pariaman.

“Sementara kami nanti juga akan melihat arus lalu lintas, dan memantau dari titik mana akan muncul penumpukan dan kemacetan. Jadi dalam uji coba nanti kami akan selalu melakukan evaluasi,” jelasnya.

“Kami sudah melakukan antisipasi juga dengan melakukan pelebaran jalan. Tapi ini jalan kota dan butuh anggaran juga. Nanti kita mulai dari pembebasan lahan dulu,” sambung Heri.

Ia menyebut, Pemprov Sumbar selalu memberi dukungan penuh untuk terminal Anak Air. Menurutnya, terminal ini akan setara dengan Bandara Internasional Minangkabau karena pembangunan sudah dirancang semaksimal mungkin.

“Jadi kami mengharapkan terminal ini menjadi simpul dari pertemuan layanan angkutan. Mulai dari bus AKAP, AKDP, angkutan kota seperti Trans Padang dan juga akan ditambah dengan layanan kereta Api,” terangnya.

Heri berharap masyarakat nantinya dapat naik dan turun angkutan di tempat yang telah disediakan.

langgam.id


BERITA TERKAIT