BPN akan Bayarkan Rp23 Miliar untuk Ganti Rugi Lahan Tol Padang-Pekanbaru
LANGGAM.ID | 14/12/2021 14:27
BPN akan Bayarkan Rp23 Miliar untuk Ganti Rugi Lahan Tol Padang-Pekanbaru
Foto udara pembangunan ruas jalan tol Padang - Pekanbaru di Nagari Kasang, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat 26 Februari 2021. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp821 miliar untuk membebaskan lahan Tol Padang-Pekanbaru seksi I sepanjang 32,4 kilometer dengan target pencairan uang ganti kerugian (UKG) yakni sebelum lebaran 2021. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Langgam.id-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Sumatra Barat (Sumbar) akan segera membayarkan uang ganti rugi pembebasan lahan Jalan Tol Padang-Pekanbaru sebesar Rp 23 miliar pada akhir tahun 2021.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Sumbar, Saiful mengatakan, ganti rugi pembebasan lahan jalan tol padang pekanbaru tahun 2021 ini sudah dibayarkan lebih kurang Rp 150 miliar.

“Untuk pengukurannya sudah selesai. Cuman kedalanya sekarang pembayaran, uangnya terbatas,” katanya di Padang, Senin (13/12/2021).

Dia melanjutkan, pada tanggal 13 Desember 2021 ini juga sudah disetujui oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebesar Rp 23 miliar untuk 40 bidang tanah.

“Saya mendapatkan informasi dari BPK tadi,Insyaallah akan kita bayarkan akhir tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, jika BPK sudah bersurat BPN Sumbar, pihaknya akan melakukan percepatan pembayaran.

Sementara untuk jumlah persentasi pembayaran ganti rugi lahan jalan tol saat ini sudah mencapai 50 persen dari jumlah total sebanyak 1.480 bidang tanah.

“Sudah 50 persen dibayarkan. 50 persen ini di total dengan yang besok akan dibayarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, target untuk pembebasan lahan jalan tol ini kalau bisa secepatnya dilakukan.

“Lebih cepat lebih baik,” katanya.

 langgam.id


BERITA TERKAIT