Luncurkan Program Padang Bergoro, Wali Kota Imbau Warga Gotong Royong Tiap Bulan
LANGGAM.ID | 16/07/2022 11:01
Luncurkan Program Padang Bergoro, Wali Kota Imbau Warga Gotong Royong Tiap Bulan

Langgam.id – Wali Kota Padang Hendri Septa meluncurkan Program Padang Bergoro. Ia mengimbau, warga Padang bisa gotong royong (goro) bersama sekali sebulan, pada Hari Minggu pertama tiap bulannya.

“Padang Bergoro merupakan program Pemerintah Kota Padang untuk membangun kekuatan silaturrahim antar warga kota. Saling menolong, kerja sama, untuk menjaga kebersihan lingkungan, jauh dari sampah,” kata Hendri, dalam keterangan tertulis pada Sabtu (16/7/2022).

Menurutnya, bila ada gotong royong serentak pada Minggu pagi tiap bulan, warga akan saling bertemu. “Setiap warga kota Padang, bersama-sama membersihkan halaman rumahnya, lingkungan di RT-nya. Sehingga setiap warga kota Padang, di Minggu pagi di jam yang sama akan saling bertemu dan bertegur sapa dengan tetangga,” tuturnya.

Selain lingkungan perumahan, Hendri juga mengimbau lingkungan lain untuk ikut gotong royong. “Kantor, perusahaan, sekolah, toko-toko, kedai, lapak dan siapa saja dan dimana saja, mari kita bergotong royong di jam yang sama membersihkan halaman rumah, toko, kantor dan lingkungan masing-masing.”

Program tersebut, menurut Hendri akan diluncurkan pada Minggu (17/7/2022). “Goro berikutnya setiap bulan di Minggu pertama,” katanya.

Menurutnya, program ini membangun kekuatan silaturahim, semangat tolong menolong, rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta menguatkan rasa kesatuan dan persatuan di antara warga Kota Padang.

“Program ini juga mengingatkan kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, ikut memperkecil jumlah sampah yang sampai ke tempat pengelolaan akhir, mengurangi sampah plastik dan lainnya.”

Ia mengatakan, Kota Padang menghasilkan sampah 550 ton per hari. “Sebuah angka yang sangat mencemaskan. Karena itu, kita perlu bergotong-royong untuk kota yang bersih dan warga yang sehat,” kata Hendri.

 

**


BERITA TERKAIT