DKI Jakarta Hibahkan Mobil Damkar Bekas untuk Kota Pariaman
LANGGAM.ID | 06/10/2022 15:11
DKI Jakarta Hibahkan Mobil Damkar Bekas untuk Kota Pariaman
Petugas Damkar Jakarta Selatan melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol wilayah Jakarta Selatan, untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19, Sabtu, 30 Mei 2020. ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan

Langgam.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghibahkan satu unit armada pemadam kebakaran untuk Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Rabu (5/10/2022).

Penghibahan mobil damkar tersebut diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diterima oleh Walikota Pariaman Genius Umar di Balai Agung Balaikota DKI Jakarta.

Anies Baswedan menyampaikan, agar kendaraan dinas operasional pemadam kebakaran yang dihibahkan itu dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya.

“Penghibahan kendaraan operasional mobil damkar ini tujuannya untuk melayani masyarakat Kota Pariaman, terkhusus dalam menanggulangi bencana. Mobil yang kita berikan memang tidak baru, namun dipastikan masih dalam keadaan layak operasional karena dirawat rutin setiap tahunnya,” ujar Anies.

Menurut Anies, DKI Jakarta menghibahkan mobil damkar untuk 14 daerah di Indonesia, termasuk Kota Pariaman dengan kapasitas tangki bervariasi, mulai dari 2.500 liter, 4.000 liter sampai 10 ribu liter.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Alhamdulillah, Pemko Pariaman menjadi salah satu daerah yang mendapat hibah mobil pemadam kebakaran yang masih bagus. Kita mendapatkan satu unit mobil damkar dari DKI Jakarta, sehingga Pemko pariaman saat ini memiliki tujuh unit armada pemadam kebakaran,” ujar Genius.

Sebelum menerima hibah mobil operasional damkar, Pemko Pariaman sudah memiliki mobil damkar dengan jenis Hino Firedome, Hino Loohan, Fuso, PS, Carry dan Rescue.

Jumlah armada tersebut dirasakan masih kurang, karena selain untuk wilayah Kota Pariaman, enam armada tersebut juga sering digunakan untuk daerah tetangga.

“Selain digunakan Kota Pariaman, mobil damkar ini juga digunakan sampai ke daerah tetangga, karena itu kita mengharapkan tambahan armada pemadam mobil tangki dan akhirnya diwujudkan oleh Provinsi DKI Jakarta dengan kapasitas 10.000 liter. Kita akan segera membawa mobil damkar tersebut ke Kota Pariaman agar bisa dipergunakan,” katanya.

 

**


BERITA TERKAIT