Harimau yang Lepas dari Sinka Zoo Singkawang Ditembak Mati, Satu Harimau Putih Belum Ditemukan
SUARAINDO.ID | 07/02/2021 07:20
Harimau yang Lepas dari Sinka Zoo Singkawang Ditembak Mati, Satu Harimau Putih Belum Ditemukan

Suaraindo.id---Harimau yang terlepas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di kebun binatang Singka Zoo di Kota Singkawang pada Jumat, berhasil dilumpuhkan oleh penembak jitu dari tim gabungan TNI/Polri pada sabtu pagi sekitar pukul 08.30 Wib (6/2/2021).

Harimau tersebut sempat menerkam seorang pawang sehingga meninggal dunia. Tim gabungan penembak jitu TNI/Polri dipimpin langsung oleh Kapolres Singkawang AKBP. Prasetyo Adhi Wibowo,SIK dan Dandim 1202/TPR Singkawang Letkol Inf. Condro Edi Wibowo.

Menurut Kapolres Singkawang AKBP. Prasetyo Adhi Wibowo, hal ini dilakukan agar bisa berkoodinasi dengan pihak BKSDA sehingga petugas di lapangan bertugas sesuai dengan prosedur.

"Pagi ini Sabtu (6/2/2021) sekitar pukul 08.30 wib petugas kami yang berada di lapangan, dalam hal ini tim penembak jitu melepaskan tembakan ke hewan yang dilindungi, harimau kuning yang lari pada Jumat kemarin," ucap Kapolres.

Petugas gabungan di lapangan menemukan beberapa bangkai hewan, seperti burung onta yang dimangsa oleh harimau, sehingga tim gabungan Polri/TNI berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk meminta izin hewan buas harimau tersebut agar bisa dilumpuhkan atau ditembak mati.

"Sehingga hewan buas tersebut harus ditembak mati oleh petugas penembang jitu yang tak jauh dari kandangnya, hal tersebut dilakukan dikarenakan harimau tersebut sudah memiliki insting untuk menerkam dan sudah membunuh seorang pawang, dan ini sangat membahayakan keselamatan tim petugas maupun masyarakat lainnya," ujarnya.

Sementara harimau kuning sudah dilumpuhkan oleh petugas gabungan, sedangkan harimau yang berwarna putih masih belum ditemukan oleh tim gabungan TNI/Polri.

Untuk itu Kapolres Singkawang diminta kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati jika bepergian ke arah Pasir panjang dan Bajau.

"Kepada masyarakat agar tetap berhati-hati jika berada di tempat sekitarnya," katanya.

Sampai siang hari, informasi masih 1 ekor harimau putih masih belum ditemukan oleh petugas gabungan TNI/Polri.

Tim Suaraindo.id bersama awak media lainnya, mendapati petugas gabungan berhasil melumpuhkan harimau putih sekitar pukul 16.00 Wib, dengan 4 tembakan bius ke hewan buas tersebut.

"Benar, harimau putih sudah dilumpuhkan dengan 4 tembakan bius ke tubuh harimau putih, sekitar pukul 16.00 Wib," ucap seorang petugas kepada awak media.

SUARAINDO.ID


BERITA TERKAIT