BPBD Lotim Warning Wilayah Rentan Bencana, Waspadai Cuaca Ekstrim
SUARAINDO.ID | 08/12/2021 07:34
BPBD Lotim Warning Wilayah Rentan Bencana, Waspadai Cuaca Ekstrim

SuaraIndo.id—— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur, mengeluarkan peringatan bagi masyarakat, berkaitan dengan cuaca ekstrim saat ini.

Bencana melanda di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi acuan BPBD Lombok Timur, bahwa semua wilayah dinilai rentan dengan bencana, termasuk di Kabupaten Lombok Timur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Timur Iwan Setiawan menjelaskan, bencana di Lombok Timur hampir setiap tahun terjadi, baik banjir, angin kencang maupun longsor.

Untuk sementara, Lombok Timur belum dilaporkan ada bencana yang menghambat aktifitas masyarakat, namun tetap diwaspadai.

Dikatakan, daerah yang diantensi BPBD Lombok Timur, yakni Kecamatan Sambelia dan Pringgabaya yang sering dilanda banjir setiap tahun. Sementara untuk Wilayah Sembalun, yakni longsor dan erupsi gunung berapi.

Sedangkan untuk Kecamatan lain, sering dilanda pohon tumbang dan angin kencang banyak meruak rumah warga. Adanya pringatan dini dari BPBD Lombok Timur, berdasarkan laporan pemantauan cuaca BMKG Nusa Tenggara Barat, bisa menjadi perhatian masyarakat.

Selain memberikan peringatan, personil BPBD dimasing-masing kecamatan juga disiagakan. Bahkan, beberapa Desa juga sudah memiliki Team Siaga Bencana Desa, yang sudah mulai melakukan antisipasi untuk menghadapi bencana, baik penanganan maupun evakuasi.

Iwan menambahkan, bagi Wilayah atau Kecamatan yang rentan dan menjadi langganan bencana, sudah dalam pantauan dari BPBD dan TNI-POLRI.

Semua wilayah di lombok timur saat ini tidak bisa dianggap aman, baik di Perkotaan dan Pedesaan memiliki potensi terjadinya bencana dengan karakteristik wilayah masing-masing, dengan jenis bencana yang berbeda beda.

“Semua sudah kami waspadai, personil juga sudah siap siaga,” ujar Iwan saat di temui di halaman kantor BPBD Lombok Timur, selasa 7 Desember 2021.

suaraindo.id


BERITA TERKAIT