Amenitas minim, Desa Tetebatu Gagal Juara UNWTO
SUARAINDO.ID | 10/12/2021 18:47
Amenitas minim, Desa Tetebatu Gagal Juara UNWTO

SuaraIndo.id—- Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur memastikan Desa Tetebatu Kecamatan Sikur, gagal menjadi juara pada ajang United Nation World Tourism Organization yang diselenggarakan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

Kegagalan ini dikarenakan masih minimnya sejumlah fasilitas bertaraf nasional dan internasional.

Sekretaris Daerah Lombok Timur Juaini Taufiq mengatakan, terdapat tiga ciri khas desa wisata, yang menjadi kategori penilaian yakni Aksesibilitas, Amenitas dan Antraksi.

Di Desa Tetebatu, yang sangat dirasakan kekurangannya adalah amenitas atau ketersediaan fasilitas penunjang wisata. Terutama dibidang restoran dan perhotelan, meski ada sejumlah homestay, namun belum masif.

“Sekda menambahkan, saat ini obyek wisata Tetebatu sangat sulit menemukan restoran,” lanjut Sekda saat ditemui wartawan.

Namun demikian, masuknya Desa Tetebatu menjadi nominasi atau salah satu perwakilan Indonesia pada ajang UNWTO tersebut, sudah membanggakan daerah, karena mampu bersaing di tingkat Internasional.

Desa Tetebatu terpilih mewakili Indonesia, dengan lolos tiga besar dari 90 ribu desa se-Indonesia. Pada ajang UNWTO ini, Desa Ngalanggran Kecamatan Patuk Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih menjadi terbaik berdasarkan penilaian PBB.

Ke depannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur akan berbenah pada Desa Wisata yang ada untuk mempersiapkan diri pada ajang serupa. Keikutserraan Desa Tetebatu ini sebagai pembelajaran bagi Daerah, untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik. “Kita tidak bisa menata Desa Wisata secara instan,” ujar mantan Camat Suralaga tersebut.

Sekda menambahkan, Daerah akan menyiapkan desa-desa yang lain untuk bisa ikut lomba wisata pada UNWTO tahun tahun berikutnya. Dengan persiapan yang jelas, Pemerintah Daerah juga membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi pada Desa Desa Wisata yang ada di Lombok Timur, untuk membangun fasilitas yang memadai.

 suaraindo.id


BERITA TERKAIT