Jadi Warna Krem, Ini Alasan Seragam Satpam Dulu Dibuat Seperti Polisi
BACAINI.ID | 13/01/2022 17:13
Jadi Warna Krem, Ini Alasan Seragam Satpam Dulu Dibuat Seperti Polisi
Slamet Gunaedi, satpam di SMAN 4 Tangerang Selatan, Kamis 31 Januari 2019. Slamet viral di media sosial karena rajin merapikan ratusan sepeda motor berdasarkan tipe dan warna. Tempo/Muhammad Kurnianto
 

Bacaini.id, SURABAYA – Seragam satpam akan diubah menjadi warna krem karena dianggap menyamai seragam polisi. Apa alasan seragam satpam dulu diubah menjadi mirip polisi?

Rencana Polri untuk mengganti kembali seragam satpam menjadi perbincangan masyarakat. Sebab baru tahun lalu warna seragam satpam diubah menjadi coklat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan kemiripan seragam satpam dengan polisi kerap membuat masyarakat bingung. Karena itu polisi akan mengubah warna seragam satpam menjadi krem. “Karena menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam,” kata Ahmad Ramadhan di Jakarta, Rabu, 12 Januari 2022.

Lantas apa alasan seragam satpam dulu diubah menjadi coklat mirip polisi?

Mengacu Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, seragam terbaru satpam baik pria maupun wanita, yaitu mengenakan baju atasan coklat muda dan bawahan coklat tua. Tingkatannya, tanda pangkat pelaksana dengan segitiga satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

Keputusan untuk menyamakan warna seragam satpam dengan polisi ini memiliki beberapa alasan. Diantaranya adalah menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Dengan warna seragam yang sama, Polri bertujuan memuliakan profesi satpam dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah masyarakat.

Belakangan perubahan warna seragam yang sama dengan polisi ini membuat masyarakat bingung. Polri berencana mengubah kembali warna seragam satpam agar tidak menyerupai mereka. Rencananya warna seragam satpam akan diubah menjadi krem.

The post Jadi Warna Krem, Ini Alasan Seragam Satpam Dibuat Seperti Polisi appeared first on Bacaini.id.