Tim Prabowo-Sandi Demo Bawaslu Sulsel, Tuntut Pengusutan Video 15 Camat Dukung Capres 01
KABARMAKASSAR.COM | 28/02/2019 12:00
Tim Prabowo-Sandi Demo Bawaslu Sulsel, Tuntut Pengusutan Video 15 Camat Dukung Capres 01
Tim Pemenangan Prabowo-Sandi (PAS) Makassar dan sejumlah relawan cawapres Prabowo Sandi melakukan aksi demo di depan kantor Bawaslu Sulsel, Rabu (27/2).

KabarMakassar.com -- Tim Pemenangan Prabowo-Sandi (PAS) Makassar dan sejumlah relawan cawapres Prabowo Sandi melakukan aksi demo di depan kantor Bawaslu Sulsel, Rabu (27/2). Aksi tersebut menuntut video viral 15 camat se-Makassar yang tak netral mendukung Capres nomor urut 01 Joko Widodo.

Ratusan pendukung Prabowo Sandi di Makassar menyerukan tindakan para camat se-Makassar yang dianggap melakukan pelanggaran pemilu. 

Sebelumnya ke 15 camat telah dilayangkan pemanggilan dan pemeriksaan oleh pihak Bawaslu Sulsel tanggal 22/2 lalu, namun dalam pemeriksaan tersebut ke-15 camat bersepakat kalau halnya video tersebut telah diedit oleh profesional karena mereka yakin kalau yang diserukan adalah terkait gerakan hari antinarkoba dan bukan soal dukung mendukung Capres nomor urut 01.

BACA JUGA: Pemkab Pinrang Akan Menyangsi ASN Penyebar Hoax

Tim Pemenangan Prabowo Sandi menyayangkan akan hal, keterlibatan ASN dalam politik praktis itu diatur dalam pasal 2 UU no 5 tahun 2014. Apalagi yang terlibat ini adalah seorang camat yang notabene seorang publik yang seharusnya netral dalam memposisikan sikap politiknya.

Ketua koordinator satgas Tim Pemenangan PAS, Nasrun Tajudin mengatakan, kalau sudah banyak kasus pelanggaran yang serupa dilakukan oleh Kepala Daerah seperti yang terjadi di wilayah Bone juga gubernur Jawa Tengah yang masih dalam proses pengawalan, 

"Kami akan terus melakukan aksi dan tuntutan selama pelanggaran masih dipertontonkan, pengawalan ini pun masih berlangsung sampai 12 Maret mendatang, kalau sampai tak menemukan titik terang kami akan kembali mengerahkan massa 10 kali lipat dari hari ini," tegasnya.

BACA JUGA: Tim Buser Polsek Mappakasunggu Takalar Bekuk Preman Meresahkan

Adapun tuntutan dalam aksi tersebut adalah,

1. Menghimbau kepada semua ASN dalam mengawal proses pilpres 2019 secara jujur dan adil.
2. Menuntut ASN dalam hal ini 15 camat yang diduga mendukung secara terang-terangan salah satu capres melalui video yang beredar dan membuat gaduh dan ketidak-percayaan masyarakat kepada pemerintah kota Makassar.
3. Menuntut aparatur hukum terkhusus juga Bawaslu menindaklanjuti pelanggaran ASN dalam keterlibatannya berpolitik praktis dan diproses sesuai UU no 5 tahun 2014.
Penulis : Mirwanto

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT