Sulsel Bakal Kembangkan Wisata Halal di Toraja
KABARMAKASSAR.COM | 05/03/2019 17:42
Sulsel Bakal Kembangkan Wisata Halal di Toraja
Foto Bareng di di Kantor Gubernur Pemprov Sulsel

KabarMakassar.com-- Pemerintah daerah beserta sejumlah perwakilan masyarakat dan pelaku industri wisata di Toraja Utara (Torut)menemui wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur Pemprov Sulsel, Senin (4/3). Kehadiran mereka untuk berdiskusi
mengenai pariwisata Toraja.

Mereka yang hadir antara lain, Kepala Dinas Pariwisata Torut Harli Patriatno, Penggagas Forum Pemuda Peduli Toraja Brikken LindeBonting, Ketua PHRI dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Torut Yohan Tangkesalu. Sedangkan Wagub didampingi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Sulsel, Djamila Hamid dan Kepala Seksi Daya Tarik Wisata Sulsel, Takdir H. Wata.

BACA JUGA: Makassar Kekurangan Guru, Disdik Berharap Peranan Guru Kontrak

Dari pembicaraan tersebut, Pemprov berkomitmen mengembangkan destinasi yang ada di Toraja, baik di Tana Toraja dan Toraja Utara agar semakin maju. Apalagi anggaran dan interaksi semakin besar di dua kabupaten ini. Toraja sendiri terkenal akan atraksi dan budayanya hingga ke mancanegara.

Salah satu yang dibahas adalah tentang potensi pasar moeslim friendly destination. Diketahui dari data PHRI Torut menyebutkan 73 persen wisatawan yang datang ke Toraja wisatawan domestik dan hanya 27 wisatawan mancanegara. Hampir 75 persennya juga wisatawan muslim. 

BACA JUGA: Trend Kue Tradisional Apang Bugis yang Membudaya

Kadis Pariwisata Torut, Harli Patriatno, menjelaskan, sejak tahun 2017 bersama MUI dan Kadin Torut, mendorong hadirnya sertifikasi halal. Ada 12 rumah makan yang menurut MUI Toraja Utara sudah sesuai ketentuan yang berlaku, namun memang masih butuh pengembangan berikutnya.

Baca selengkapnya di KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT