Gali Pondasi Rumah, Warga Pinrang Temukan Patung Manusia Bermata Bulat Seperti di Lembah Bada
KABARMAKASSAR.COM | 10/02/2020 10:00
Gali Pondasi Rumah, Warga Pinrang Temukan Patung Manusia Bermata Bulat Seperti di Lembah Bada
Patung batu berbentuk manusia dan mirip arca kuno, yang ditemukan warga Pinrang saat menggali pondasi rumah di Jalan HOS Cokroaminoto, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/2). (Foto:KabarMakassar/Rudi)

KabarMakassar.com — Sebuah patung terbuat dari batu yang berbentuk manusia dan mirip arca kuno, ditemukan oleh warga di Jalan HOS Cokroaminoto, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, tak jauh dari makam para Raja-raja Sawitto.

BACA: Warga Bonto Bahari Tuntut Direktur PDAM Mundur

Patung batu yang beratnya ditaksir sekitar 200 Kg, dengan panjang 120 cm dan lebar 50 cm tersebut ditemukan oleh seorang tukang batu bernama Syahdan (26), saat menggali pondasi rumah milik Sakka. Patung itu ditemukan di kedalaman kurang lebih 1 meter.

“Saya temukan kemarin (Sabtu, 8 Februari), saat menggali pondasi rumah. Awalnya saya kira batu biasa, tapi pas saya gali lebih dalam, ternyata sebuah patung,” kata Syahdan saat ditemui Kabarmakassar.com, Minggu (9/2).

Sementara, Sakka (45), pemilik rumah, mengaku heran dengan adanya penemuan patung di lokasi rumahnya tersebut. Terlebih saat ditemukan, patung itu dalam kondisi terbaring layaknya orang yang dikubur.

Menurut Sakka, dulunya di tempat penemuan patung itu terdapat lorong kecil.

BACA: Ini Rekomendasi Anggota DPRD Usai Kunjungi Lotong-lotong

“Saya heran, kenapa ada patung. Dulu waktu saya masih kecil, memang ada lorong sempit (kecil) disitu. Saat digali patung itu menghadap seperti orang mati dikubur,” terangnya.

KABARMAKASSAR.COM

Lembah Bada atau Lembah Napu adalah lembah yang terletak di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah.  Lembah ini adalah bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Di lembah tersebut terdapat puluhan patung megalitik yang diperkirakan didirikan pada abad ke-14.

 


BERITA TERKAIT