Penerapan PSBB di Gowa Ditunda Awal Mei Menunggu Pencairan Dana Desa
KABARMAKASSAR.COM | 28/04/2020 09:20
Penerapan PSBB di Gowa Ditunda Awal Mei Menunggu Pencairan Dana Desa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

KabarMakassar.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memutuskan untuk menunda penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (29/4) mendatang.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, sesuai kesepakatan dengan unsur Forkopimda Gowa, penerapan PSBB di wilayahnya baru akan dilaksanakan pada awal bulan Mei mendatang.

Penundaan ini, kata dia, dilakukan karena pihaknya ingin menunggu semua distribusi bantuan untuk masyarakat tersalurkan dengan baik sebelum PSBB diberlakukan.

“Kami sepakat untuk menyalurkan dulu bantuan sosial, baru kita memulai PSBB. Salah satu yang ditunggu adalah pencairan dana desa yang diperkirakan akan cair awal Mei mendatang,” kata Adnan saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan PSBB Kabupaten Gowa, Senin (27/4).

Menurut Adnan, jika PSBB tetap dipaksakan untuk dilaksanakan pada 29 April, maka akan ada sekitar 11.666 Kepala Keluarga (KK) masyarakat desa kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan. Pasalnya, mereka mendapatkan bantuan dari pos anggaran dana desa yang diperuntukkan bagi penanganan Covid-19.

Adnan berharap, saat PSBB diberlakukan di Kabupaten Gowa, masyarakat benar-benar tinggal di rumah, sehingga mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa bisa terputus sesuai dengan harapan.

“Selama PSBB kita berharap masyarakat bisa disiplin untuk tinggal di rumah selama 14 hari. Karena 14 hari ini yang sangat menentukan memutus mata rantai penularan Covid-19. Konsekuensi yang pemerintah harus pastikan yaitu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat selama 14 hari,” jelasnya.

Sementara, Kapolres Gowa, AKBP Boy Samola mengaku siap jika PSBB ditunda sampai pendistribusian bantuan selesai. Apalagi menurutnya, bantuan ini memang menjadi penentu kesuksesan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa.

“Semakin baik distribusinya, maka akan semakin mengurangi beban kerja kita. Kalau ada alternatif diundur, kami setuju saja,” kata Boy.

Ia juga menyebutkan untuk pelaksanaan PSBB ini pihaknya telah menyiapkan 1.500 personil gabungan yang terdiri dari Polres Gowa, Kodim 1409 Gowa, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan beberapa organisasi kemasyarakatan.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT