Curah Hujan Tinggi di Gowa, 5 Kelurahan Terendam Banjir Setinggi Lutut Orang Dewasa
KABARMAKASSAR.COM | 21/12/2020 15:50
Curah Hujan Tinggi di Gowa, 5 Kelurahan Terendam Banjir Setinggi Lutut Orang Dewasa

KabarMakassar.com -- Curah hujan yang tinggi melanda Kabupaten Gowa belakangan ini mengakibatkan lima kelurahan terendam banjir di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Camat Somba Opu, Agussalim mengatakan sejauh ini tercatat lima kelurahan dilanda banjir dengan ketinggian air hingga lutut orang dewasa.

"Jadi kami langsung turun ke wilayah melihat situasi dan kondisi untuk melakukan bersama-sama mencari solusi ini hingga genangan air bisa berkurang," kata Camat Somba Opu, Agussalim kepada wartawan, Minggu (20/12).

Tak hanya itu, banjir ini terjadi dikarenakan minim drainase atau dan aliran air di drainase mengalami terhambat seperti dengan membuang sampah sembarangan hingga drainase tak diperhatikan.

"Jadi kita mencari solusi, intinya sekarang jangan ada saling menyalahkan masyarakat dan pemerintah. Tapi bagaimana mencari solusi sehingga genangan air bisa berkurang dan mengalir," tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa belakangan ini banyaknya meningkatnya pembangunan-pembangunan hingga tak diperhatikan drainase-nya. "Iya (minim resapan air), untuk tahun ini mulai berkurang dan upaya kita saat ini mari saling menjaga kebersihan dan bekerjasama untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah seorang warga Tamarunang, Kabupaten Gowa, Iswan mengatakan lokasinya memang terjadi setiap tahun.

"Memang setiap tahun, cuman itu kondisi cuaca boleh dikatakan ekstrem, dan airnya sudah tinggi, dan Alhamdulillah tidak banyak masuk dan ketinggiannya itu lima belas centimeter, dan di depan itu setinggi lutut orang dewasa di jalan poros," imbuh Iswan. Diketahui, saat ini banjir dengan ketinggian lutut orang dewasa telah memasuki rumah warga diberbagai titik.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT