Angin Puting Beliung Buat Porak Poranda 7 Rumah di Pinrang, Atap Rumah Beterbangan
KABARMAKASSAR.COM | 05/01/2021 16:29
Angin Puting Beliung Buat Porak Poranda 7 Rumah di Pinrang, Atap Rumah Beterbangan

KabarMakassar.com -- Angin puting beliung rusak sejumlah rumah warga di Lingkungan Salubone dan di Lingkungan Data, Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Senin (5/1) kemarin, peristiwa itu terjadi sekira pukul 18:00 WITA.

"Tiba-tiba saja angin itu datang dan tau-taunya sudah pada terbang ini seng atap rumah," kata Lina salah seorang pemilik rumah yang rusak akibat angin puting beliung, saat ditemui KabarMakassar.com dikediamannya, Selasa (5/1).

Ia menyebut angin tersebut menghantam rumahnya membuat seluruh atap rumah terbang porak poranda hingga sejauh 10 meter, bahkan sebagain seng hilang dibawa angin. Bahkan kata dia, angin yang disertai hujan itu, membuat seluruh isi rumah basah, akibat seluruh atap rumahnya dibawa angin.

Lebih naasnya lagi kata Lina, rumah miliknya itu, sudah kali ketiganya ia mengalami nasib buruk dihantam angin puting beliung. Pertama di tahun 2012 dan yang kedua November 2020.

"Sudah tiga kali ini dihantam angin puting beliung, di tahun 2012 lalu sebagian atap hilang, dua bulan lalu seluruh atap rumah dibawah angin, begitu juga sekarang semua atap habis tidak ada tersisa," ungkap lina dengan sedih.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pinrang, Matalatta saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sementara menuju lokasi kejadian untuk dilakukan pendataan. "Anggota sudah menuju lokasi kejadian untuk pendataan," singkatnya.

Dari pantauan KabarMakassar.com sebanyak lima rumah milik warga dan satu gardu yang mengalami kerusakan akibat hantaman angin puting beliung di Lingkungan Salubone. Sementara itu, satu rumah di Lingkungan Data mengalami nasib yang sama.

Selain rumah yang rusak akibat angin,  ratusan hektar sawah milik warga setempat juga direndam banjir, akibat intensitas hujan cukup tinggi di wilayah Pinrang dan sekitarnya.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT