Kisah Firman Penghapal Alquran Setelah Kecelakaan Mengalami Gangguan Jiwa
KABARMAKASSAR.COM | 07/01/2021 16:31
Kisah Firman Penghapal Alquran  Setelah Kecelakaan Mengalami Gangguan Jiwa

KabarMakassar.com -- Firmansyah atau Firman adalah seorang pemuda asal Dusun Bontotangnga, Desa Bontosungguh, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (7/1).

Firman dulunya adalah seorang penghafal Al-quran Namun setelah mengelami kecelakaan yang mengakibatkan benturan di kepalanya,  kini ia mengalami gangguan kejiwaan.

Firman juga sempat viral di Media Sosial (Medsos) karena hafalan Quran-nya. Kata Paman Firman, Syakir Daeng Nai' sebelum mengalami gangguan jiwa, ponakannya tersebut telah mengahafal beberapa surah dalam Al-quran.

"Sejak SD dia (Firmansyah) sudah menghafal Al quran. Biasa ikut pengajian biasa juga dibimbing di rumah," ucap pamannya kepada awak media. 

Sekarang ini, Firman sudah berusia 30 tahun tinggal bersama Pamannya dan kedua orang tuanya. Pemuda kelahiran tahun 1990 ini mengalami kecelakaan sejak duduk di bangku SMP. 

Sejak itu, kata pamannya akibat benturan di kepalanya Firman sudah mengalami gangguan. Meski sakit dia tetap sering mengulang mengaji. 

Syakir Daeng Nai' mengungkap bahwa ponakannya tersebut sempat di rawat di salah satu Rumah Sakit (RS) di Makassar. Karena terkendala biaya, terpaksa dirawat di rumahnya. "Pernah dirawat kurang lebih satu bulan di RS. Tapi sudah keluar karena tidak mampu bayar terpaksa kembali," ujarnya. 

Pamannya menambahkan, Gangguan jiwa yang dialami ponakannya adalah penyakit kambuhan. Jika sadar, Firman seperti pemuda normal lainnya. 

"Iye biasa sehat biasa juga kambuh penyakitnya (gangguan kejiwaan). Kalau sadar bagus ji diajak cerita tapi kalau kambuh apalagi habis obatnya biasa tidak jelas mi," katadia. 

Ketika ditemui wartawan, kondisi Firman dalam keadaan Normal. Saat ditanya soal hafalan Alvqurannya, seperti pemuda lainnya. Firman menjawab sejak umur 10 tahun sudah menghafal beberapa surat Al quran. 

Bahkan, ucap dia, ketika di Rumah Sakit jiwa Firman mengaku tetap mengulang serta menghafal beberapa surah Al quran. "Iye memang dihafal di rumah. iye pernah masuk rumah sakit jiwa," ujar Firman.  Daeng Nai' berharap agar bisa mendapat bantuan untuk pengobatan keponakannya tersebut.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT