Masa Pandemi Covid-19, Petani di Gowa Sedekah Sayur ke Panti Asuhan
KABARMAKASSAR.COM | 13/01/2021 15:29
Masa Pandemi Covid-19, Petani di Gowa Sedekah Sayur ke Panti Asuhan

KabarMakassar.com -- Petani di Gowa yang tergabung ke dalam Komunitas Rumah Koran melakukan sedekah sayur ke Panti Asuhan di Kabupaten Gowa, Selasa (12/1).

Komunitas yang  bergerak dalam pemberdayaan Petani memberikan sedekah sayur kepada salah satu Panti asuhan di Kabupaten Gowa yakni Panti Asuhan Jabal Nur Jakan Kacong Dg Lalang Pa'bangian, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa. 

Sedekah sayur dilaksanakan Komunitas Rumah Koran bekerjasama dengan kesatuan Brimob Polda Sulsel. 

Jamaluddin Daeng Abu selaku Founder Rumah Koran menyampaikan program sedekah sayur adalah upaya membantu dapur di beberapa Panti Asuhan. 

"Sayur yang kami sumbangkan jangan di lihat banyaknya karena ini menjadi upaya dan partisipasi kami sebagai petani untuk bersedekah. Tujuannya adalah agar lahir petani-petani yang dermawan," kata Jamaluddin. 

Ia juga menjelaskan, sayur yang disedekahkannya didapatkan berkat sumbangan dari petani di Kabupaten Gowa. "Sumber sayur dari Petani-petani di Kecamatan Tombolo Pao dan Kecamatan Tinggimoncong, mereka bergantian setiap bulan menyumbangkan Sayurnya," ujarnya. 

Program Sedekah Sayur, kata Jamal berjalan sejak tahun 2020 lalu, dengan target Empat Kabupaten Kota di Sulsel yakni Gowa, Makassar, Takalar dan Maros. 

"Sedekah sayur adalah program berkelanjutan yang akan terus di jalankan bersama Kesatuan Brimob Polda Sulsel di empat kabupaten Kota yani Gowa, Makassar, Takalar dan Maros. Tapi saat ini baru dua Gowa dan Makassar," pungkasnya. 

Mewakili Kesatuan Brimob Polda Sulsel Ipda Purwanto mengatakan bahwa ini adalah kerja kolaborasi antara petani dan Brimob, berbagi sayur untuk sesama. 

"Bagaimana kita bisa berbuat baik dan menjadi contoh kepada yang lain bahwa bersedekah bisa apa saja, seperti sayur mayur dan lainnya," ucapnya.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT