Jalan Ambruk Akibat Longsor, Satu Desa Terancam Terisolir di Pinrang
KABARMAKASSAR.COM | 09/03/2021 18:18
Jalan Ambruk Akibat Longsor, Satu Desa Terancam Terisolir di Pinrang
Kondisi jalan penghubung Majene-Mamuju pascalongsor, Senin subuh 18 Januari 2021. ANTARA/HO

KabarMakassar.com -- Bencana longsor kembali terjadi di Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Tepatnya longsor terjadi di Kampung Bakka, Senin (8/3) kemarin.

Dari pantauan KabarMakassar bencana longsor tersebut merusak sebuah jalan beton sekitar 100 meter, poros Kampung Bakka ke Desa Mesakkada, Lembang.

Akibat longsor yang terjadi sekitar pukul 18.30 WITA kemarin, akses jalan menuju desa Mesakkada terancam putus total. Pasalnya setengah badan jalan tersebut ambruk, juga menumbangkan sebuah tiang listrik akibat terbawa longsor. Selain itu jalan tersebut juga merupakan jalur satu-satunya ke Desa Mesakkada. 

Kepala Rukun Keluarga (RK) Kampung Bakka, Kadir membenarkan peristiwa longsor itu. Ia mengatakan jalan itu ambruk akibat hujan deras dua hari berturut-turut. 

"Kalau hujan terus, putus total nanti malam ini jalanan. Satu desa (Mesakkada) di dalam terancam terisolir," kata Kadir saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (9/3).

Ia menambahkan pengendara harus ekstra hati-hati melewati jalan tersebut, karena tanah landasan jalan beton itu sudah mulai terkikis habis terbawa air hujan.

"Iya harus hati-hati. Tanah yang di bawah beton itu sudah mulai habis terbawa air hujan," bebernya.

Tak hanya itu, Kadir mengungkapkan, jika terjadi longsor susulan, satu rumah panggung terancam terbawa longsor.

"Bahaya satu rumah di dekatnya itu juga terancam dibawa longsor," ujarnya.(*)

Rudi Hartono/Herlin Sadid

kabarmakassar