Komisi VII: Transisi Energi adalah Keharusan
Info Teras | 05/11/2021 15:57
Komisi VII: Transisi Energi adalah Keharusan

INFO NASIONAL - Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto, menegaskan bahwa transisi energi bukan sebuah pilihan, namun keharusan. Transisi energi merupakan upaya menuju nol emisi karbon (net zero emission). Apalagi pemerintah telah menandatangani Perjanjian Paris dan meratifikasinya.

“Indonesia kaya akan sumber daya gas alam yang dapat dimanfaatkan dalam transisi energi. Gas yang notabene merupakan bahan bakar fosil memiliki karakter energi bersih dan rendah emisi. Dan tercatat ada sekitar 43 triliun cubic feet cadangan. Dari sana transisi energi bukan pilihan, tapi sebuah keharusan,” ujar Sugeng dalam keterangannya, Jumat, 5 Nopember 2021.

Ia menjelaskan penyediaan listrik nasional saat ini mayoritas ditopang oleh batu baru. Indonesia memiliki cadangan batu bara mencapai 38 miliar ton. Karena itu, diperlukan upaya agar pemanfaatan batu bara selaras dengan semangat energi bersih. "Bukan berarti menghapus (penggunaan) fosil. Tapi emisinya, karbonnya yang ditekan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah menegaskan komitmennya untuk mempercepat target nol emisi karbon yang semula diharapkan tercapai pada 2060. Salah satu upaya melalui peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT).  (*)


BERITA TERKAIT