DPR: Pemekaran Provinsi di Papua Dorong Pemerataan Pembangunan
Info Teras | 22/11/2021 19:20
DPR: Pemekaran Provinsi di Papua Dorong Pemerataan Pembangunan

INFO NASIONAL - Anggota Komisi II DPR RI, Ibnu Mahmud Bilalludin, mendukung aspirasi Forum Kepala Daerah se-wilayah Saireri yang mengusulkan pembentukan Provinsi Saireri di Papua. Menurutnya pemekaran provinsi baru itu berpotensi mendorong pemerataan pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Selain wilayah adat Saireri, Ibnu juga mendukung pemekaran provinsi di Papua bersamaan dengan empat wilayah adat lainnya. "Kalau bisa berbarengan, tentu ini akan menyelesaikan beberapa persoalan sekaligus," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi II DPR RI dengan forum kepala daerah wilayah Saireri di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin, 22 November 2021.

Ibnu menjelaskan sejumlah persoalan yang mungkin terjadi misalnya pemilihan umum tingkat daerah. Di wilayah pegunungan masih menggunakan system noken, sementara di pesisir sebagian besar telah menggunakan sistem one man one vote. Isu lainnya, dia melanjutkan, terkait pembangunan. "Dengan berdasarkan wilayah adat tadi, maka yang namanya koridorisasi dan klasterisasi persoalan terjadi. Hal itu akan mendorong pemerataan pembangunan," kata politikus partai PAN itu.

Keuntungan lain pembentukan provinsi baru ini, menurut Ibnu, lebih membantu pemerintah pusat mengontrol dana otonomi khusus (otsus). Jika terjadi hal luar biasa di pusat pemerintahan dan bisnis di Papua, tidak akan berdampak ke seluruh wilayah adat pulau itu. (*)




BERITA TERKAIT