Ada KLB Keracunan Ikan Tongkol di Cilacap, Bermula dari Acara Sunatan
Iqbal Muhtarom | 28/03/2018 14:56
Ada KLB Keracunan Ikan Tongkol di Cilacap, Bermula dari Acara Sunatan
Anggota kepolisian memantau warga keracunan yang dirawat di Puskesmas Kampung Laut kabupaten Cilacap, Minggu (25/3).

CILACAP, SATELITPOST – Kepala Puskesmas Kampung Laut Cilacap, Suwono menyebut ratusan warga yang mengalami keracunan ikan tongkol termasuk kejadian luar biasa (KLB). Suwono mengatakan, selain merawat para korban pihak puskesmas juga melakukan pelacakan ke lokasi kejadian, yakni ke rumah warga yang hajatan dan menyediakan ikan tongkol tersebut.

Baca Juga: Ikan Tongkol Bikin Keracunan Ratusan Warga Kampung Laut, Terlalu Lama di Es?

Pihak Puskesmas juga pro aktif mencari warga lainnya yang belum mendapatkan pelayanan. “Kami juga memberikan penyuluhan pendidikan kesehatan kepada warga,” katanya, Minggu (25/3).

Sementara, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kapolsek Kawunganten AKP Budi  Suryanto mengatakan warga makan makanan olahan ikan tongkol ini dari hajatan sunatan warga di Desa Panikel Kecamatan Pampung Laut Kamis (22/3). Pada hajatan tersebut ada menu ikan tongkol merah yang dipindang.

Baca Juga: Satu Pasien Keracunan di Kampung Laut Dipulangkan

“Ternyata setelah makan, para tamu undangan terasa mual, pusing, dan berak. Karena ada beberapa warga yang mengalami gejala yang sama, pada Jumat pagi mereka ke Puskesmas untuk berobat,” katanya. Dia mengatakan, sampel makanan juga sudah dicek oleh tim medis dari Puskesmas Kampung Laut. (ale@satelitpost.com)


BERITA TERKAIT