Vespa S 125 i-get : Rasa Premium Skuter Perkotaan
TEMPO.CO | 04/09/2020 07:50
Skuter Vespa S 125 i-Get model terbaru diluncurkan di Indonesia pada Jumat, 288 Agustus 2020. FOTO: PT Piaggio Indonesia
Skuter Vespa S 125 i-Get model terbaru diluncurkan di Indonesia pada Jumat, 288 Agustus 2020. FOTO: PT Piaggio Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga skuter Vespa S 125 i-get generasi baru terparkir di halaman cafe Little League, Jakarta Selatan, pada Rabu pagi lalu, 2 September 2020.

Ketiganya dibikin di Vietnam dan siap rakitan mengikuti "media test ride" PT Piaggio Indonesia. Tempo bergabung dengan media lain mengikuti uji coba skuter kendara Vespa S 125 i-get baru tersebut.

"Teman-teman silakan explore motor baru ini," kata PR and Communications Officer Piaggio Indonesia, Yolanda Goretty, membuka acara di halaman cafe.

Kesan pertama menunggangi Vespa S 125 adalah posisi berkendara yang ergonomi. Terasa sangat pas untuk saya yang memiliki ukuran tinggi badan 170 cm.

Skuter matic alias skutik ini memiliki handling cukup ringan untuk dikendalikan. Meski perlu sedikit adaptasi, terutama jika sudah terbiasa menggunakan motor dengan posisi setang pendek. 

Untuk performa mesin, saya kira tidak ada perubahan signifikan dari generasi sebelumnya. Akselerasi pada putaran bawah biasa-biasa saja. Bahkan bisa dibilang tidak agresif. Sementara untuk putaran atas, terasa lebih enak dan stabil.

Meski demikian, untuk motor dengan penggunaan sehari-hari. Secara umum rasanya sudah cukup oke.

Apalagi desain motor ini juga terlihat lebih mewah dengan lampu LED baru dan layar speedometer digital.

Desain sadel juga sudah ditingkatkan untuk penggunaan dua orang setelah sebelumnya didesain untuk single seater.

Tambahan fitur seperti USB Port juga makin menegaskan tujuan Vespa menghadirkan generasi terbaru dari S ini untuk menunjang aktivitas harian masyarakat perkotaan yang banyak bergantung pada penggunaan gadget.

Kemudian, kinerja suspensi Vespa S 125 i-get baru tidak ada peningkatan signifikan dari sebelumnya. Saat melewati permukaan jalan yang tidak rata, akan terasa kasar. Hal itu saya rasakan saat berkeliling di kompleks Gelora Bung Karno.

Pada permukaan jalan normal, tentunya tidak ada masalah seperti ketika saya melewati Jalan Sudirman sampai Bundaran HI.

Setelah mengendarai skuter Vespa S 125 i-get sejauh 23,4 kilometer, saya meraqsakan kemewahan skutik. Motor ini layak masuk dalam daftar pilihan motor perkotaan. Apalagi bagi yang membutuhkan motor dengan style dan predikat premium.

Cocoklah. Semua akan tercapai dengan Rp 39 juta.

Oiya, skuter ini tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Blue Vivace (Biru), Black Volcano (Hitam), dan Grey Titanio (Abu-abu).



Spesifikasi Vespa 125 S i-get

Mesin : I-get 124,5 cc 4 langkah satu silinder
Daya : 7,6 kW pada 7.600 rpm
Torsi : 10,2 Nm pada 6.000 rpm
Sistem pembakaran : Injeksi elklektronik
Transmisi : CVT Otomatis

Suspensi Depan : Lengan tunggal pehas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
Suspensi belakang : Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat

Rem Depan : Cakram 200 mm
Rem Belakang : Tromol 110 mm
Ban Depan : Tubelles 110 / 70 - 11 inci
Ban Belakang Tubelles 120 / 70 - 11 inci

Dimensi
Panjang : 1.770 mm
Lebar : 705 mm
Tinggi Sadel 785 mm
Wheelbase : 1.280 mm
Kapasitas tangki 7 liter
emisi : Euro 3


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT