Lelang Limusin John F Kennedy Laku Rp 5,6 Miliar
TEMPO.CO | 19/10/2020 07:18
Limusin Lincoln Continental John F Kennedy. (Bonhams/Carbuzz)
Limusin Lincoln Continental John F Kennedy. (Bonhams/Carbuzz)

TEMPO.CO, JakartaSebuah mobil klasik akan memiliki harga jual tinggi karena sejarahnya. Salah satunya adalah limusin Lincoln Continental milik mantan Presiden Amerika Serikat John F Kennedy yang dilelang rumah lelang populer Bonhams baru-baru ini.

Limusin ini bukan hanya karena Lincoln Continental, tapi juga menjadi bagian sejarah besar bagi AS. Mobil mengangkut JFK dan istrinya, Jackie, serta Gubernur Texas John Connally menuju Pangkalan Angkatan Udara Carswell di Fort Wort, AS, pada 22 November 1963.

Lincoln ini juga tercatat sebagai mobil terakhir yang ditumpangi John F Kennedy beserta istri sebelum pindah ke mobil kepresidenan resmi SS-100-X, saat peristiwa penembakan terjadi. 

Mobil itu diproduksi pada 2 November 1963, dan dipinjamkan oleh Bill Golightly untuk konvoi presiden sebagai kendaraan resmi. Mobil itu diberi nama ‘Limo One’, sebagai kendaraan utama presiden.

Mobil itu menjadi kendaraan JFK bersama istrinya, Jackie, selama berada di Fort Worth, AS. Lincoln yang dijual ini direstorasi seperti layaknya baru keluar dari pabrik oleh spesialis Lincoln Baker Restoration of Putnam, Connecticut, AS. Dalam restorasi, mobil ini mendapatkan mesin baru dan interior berbalut kulit berwarna merah yang juga baru.

Limusin itu ditawarkan sebagai bagian dari American Presidential Experience Auction yang mencakup Jaket Bomber Air Force One edisi pemerintah milik JFK dengan harga US$ 250.075 (setara Rp 3,6 miliar). Lincoln yang bersejarah terjuall seharga US$ 375.075 (Rp 5,5 miliar). Nilai tersebut berdasarkan kurs saat ini US$ 1 = Rp 14.700.

"Kami senang dengan penjualan mobil yang penting secara historis ini. Ada begitu banyak kegembiraan dan minat yang mengelilinginya, dan kami senang itu menghasilkan penawaran yang sangat antusias," kata Darren Sutherland, Pejabat Senior Rumah Lelang Bonhams.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT