Changan Auto Siapkan SUV Keren, Dijual Tahun Depan
TEMPO.CO | 31/10/2020 10:32
Changan Uni-K. (Carscoops/Changan)
Changan Uni-K. (Carscoops/Changan)

TEMPO.CO, JakartaProdusen mobil asal Cina, Changan Auto, merilis foto pertama dari SUV Uni-K. Ini adalah model produksi yang dibangun dari basis konsep Uni-V. Dilansir dari carscoops, SUV ini memiliki dimensi panjang 4.865 mm, lebar 1.948 mm dan tinggi 1.700 mm dan jarak sumbu roda 2.890 mm. Dimensi ini seukuran dengan Porsche Cayenne Coupe.

Bukan bermaksud membandingkannya dengan Porsche Cayenne Coupe, tapi sosok Changan Auto Uni-K ini desian yang sepintas mirip dari sisi samping maupun belakang. Lebih spesifik lagi, lampu belakang Uni-K tampak seperti milik SUV asal Jerman itu.

Changan mengatakan Uni-K mengadopsi bahasa desain "tanpa batas" dari jajaran Uni, dengan ujung depan yang berani menjadi bagian paling orisinal dari kendaraan ini. Lampu depan LED yang ramping dan lampu kabut LED berbentuk bintang berujung tiga mirip dengan yang ada pada studi Vision-V, begitu juga dengan gril radiator. Sorotan desain lainnya termasuk pegangan pintu pop-out, lampu rem, dan kaki-kaki 21 inci.

Changan belum merilis foto interiornya, tapi sepertinya akan segera diungkap saat tampil untuk publik di Guangzhou Auto Show pada akhir November 2020. 

Mobil ini kemungkinan besar akan dibekali dengan mesin bensin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang dihubungkan ke transmisi otomatis 8 kecepatan Aisin dan penggerak semua roda. Mesin ini diperkirakan menghasilkan daya  229 HP (232 PS) dan torsi 360 Nm. 

Changan Uni-K akan tiba di dealer di seluruh Cina pada kuartal pertama 2021. Harga diperkirakan setara Rp 394 jutaan.

Changan Auto sempat heboh di Indonesia tahun lalu. Esemka Bima disebut mirip dengan pikap buatan Changan. Changan Auto merupakan salah satu grup otomotif besar di Cina. Produsen ini mengandalkan model SUV seperti Changan CS75 dan CS352. Total penjualan Changan Auto pada September 2020 mencapai 205.543 unit, naik 28.65 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 159.774 unit.

Periode Januari-September 2020, total penjualan Changan Auto di Cina mencapai 1.379.881 unit, naik 12,01 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Changan juga memiliki perusahaan patungan dengan Ford dan Mazda untuk pemasaran di Cina.

 

 




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT