Nissan Magnite Vs Kia Sonet, SUV Mungil Rp 200 Jutaan
TEMPO.CO | 31/10/2020 13:53
Nissan Magnite (Nissan)
Nissan Magnite (Nissan)

TEMPO.CO, JakartaKia Sonet dan Nissan Magnite sama-sama sudah menjalani pengujian di jalanan di Indonesia. Foto dua model itu dengan stiker kamuflase tengah melaju di jalanan di Jakarta beredar luas di sosial media.

Keduanya juga sama-sama sudah meluncur di negara asal perakitannya, India, dan kemungkinan besar meluncur di Indonesia pada November 2020.

Belum ada informasi apapun dari PT Nissan Motor Indonesia maupun PT Kreta Indo Artha terkait rencana peluncuran kedua SUV itu. Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa perusahaan dengan semangat baru akan fokus pada tiga segmen yakni SUV, MPV, dan mobil listrik.

“Saya tidak menyebut model, tapi tiga hal itu akan menjadi fokus kami,” kata Sekiguchi kepada Tempo di sela-sela peluncuran Nissan Kicks e-Power 4 Oktober 2020.

Kia Sonet dengan stiker kamuflase tampak diuji di jalanan di Jakarta. 30 Septembe 2020. (Istimewa)

Sementara itu, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih detil soal rencana peluncuran Kia Sonet. “Tunggu tanggal mainnya,” kata Ario beberapa waktu lalu.

Akhir tahun mungkin menjadi waktu yang tepat bagi Nissan maupun KIA untuk melepaskan senjata baru di segmen SUV entry level. NMI sejauh ini hanya mengandalkan Nissan Livina dan Nissan X-Trail, serta Nissan Kicks e-Power.

Baca: Kia Sonet Jalani Pengujian di Jakarta

Sedangkan KIA baru meluncurkan satu model baru yakni SUV Kia Seltos sejak brand ini di bawah naungan Indomobil Grup. Melihat hal itu, keduanya perlu untuk menambah line up produk untuk bersaing dengan brand lainnya.

Tak banyak pemain yang di segmen ini. Hanya ada Suzuki Ignis di crossover termurah. Lalu ada Honda HR-V, tapi posisinya berada di atas Magnite maupun Sonet. Bisa disebut, keduanya akan membuka segmen baru SUV murah di Indonesia dengan harga Rp 200-Rp 300 jutaan. Sambil menanti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermain di segmen yang sama awal tahun depan.

Kia Sonet (Kia Global)

Kia Sonet
Kia Sonet menjalani debut global di India pada Jumat, 7 Agustus 2020. Sonet merupakan model ketiga yang dipasarkan Kia di India setelah Kia Carnival dan Kia Seltos. Di India, Sonet dijual dengan harga mulai 6,71 lakh rupee atau setara Rp 133,9 juta untuk tipe terbawah.

Sedangkan Sonet tipe tertinggi dijual dengan harga 11,99 lakh (setara Rp 239,2 juta). Range harga ini masih berada di bawah Rp 300 jutaan, yang merupakan harga dengan segmen terbesar di Indonesia.

Kia Sonet ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, yakni 1.200 cc bensin, 1.000 cc bensin turbo, dan 1.500 cc diesel turbo. Dari tiga pilihan itu, kemungkinan yang masuk ke Indonesia adalah Sonet dengan mesin 1.200 cc bensin atau 1.000 cc bensin turbo. Sedangkan diesel tidak masuk Indonesia.

Nissan Magnite (Nissan)

Nissan Magnite
Nissan Magnite debut pada 21 Oktober 2020 di India. Produksi perdana Magnite keluar dari pabrik Chennai pada 30 Oktober 2020. Nissan Magnite dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc turbo.

Nissan India akan mengumumkan harga resmi Magnite pada November ini, menjelang peluncuran secara resmi untuk pasar domestik. Sejumlah media online di India memperkirakan harga Magnite akan berkisar setara Rp 105 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Jika harga ini sesuai dengan perkiraan, maka akan beririsan dengan harga Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia.

Harga yang terjangkau ini akan membuat persaingan di segmen entry level semakin panas.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT