Vespa Gibran Anak Jokowi Ikut Kontes, Harganya Diatas Rp 30 Juta
TEMPO.CO | 21/09/2018 18:29
Sejumlah Vespa dan skuter baru tiba dan nantinya akan tampil di Indonesia Scooter Festival 2018 di Jogja Expo Center Yogyakarta Sabtu-Minggu 22-23 September 2018. TEMPO/Pribadi Wicaksono
Sejumlah Vespa dan skuter baru tiba dan nantinya akan tampil di Indonesia Scooter Festival 2018 di Jogja Expo Center Yogyakarta Sabtu-Minggu 22-23 September 2018. TEMPO/Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Anak sulung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming bakal ikut serta sebagai salah satu peserta kontes dalam Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 yang digelar di Jogja Expo Center, Yogyakarta 22-23 September 2018.

Bermodal sebuah Vespa klasik VBB keluaran tahun 1964, Gibran akan menjadi salah peserta untuk mengikuti Scooter Contest yang masuk kategori original painting alias cat yang masih asli seperti bawaan pabrik.

Baca: Vespa Antik Dilelang di Scooter Festival, Harga Mulai Rp 10 Juta

“Mas Gibran memang mau ikut kontesnya, sudah menelpon langsung dan mendaftarkan diri,” ujar Dwi Yudha Danu, penggagas sekaligus Ketua ISF 2018 saat ditemui Tempo Jumat 21 September 2018.

Yudha menuturkan, pihaknya sendiri tak menyangka Gibran bakal menghubungi panitia Indonesia Scooter Festival beberapa bulan lalu saat event ini mulai didengungkan melalui media sosial.

Awalnya Gibran kepada panitia mengatakan ingin datang untuk melihat langsung event itu dan bersilaturahmi bersama para komunitas Vespa yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia itu. Namun tak disangka, Gibran kemudian member tahu ingin mengikuti ajang kontes itu dengan mengadu Vespa miliknya.

Baca: Koleksi Vespa Tua Paus Francis, Klasik dan Bersejarah

“Kami sendiri salut, Mas Gibran mau ikut ajang ini, dan ternyata dia punya Vespa yang terbilang istimewa,” ujarnya.

Vespa Gibran, ujar Yudha, mungkin sekilas terlihat biasa tanpa banyak polesan aksesoris. Namun sebanarnya Vespa itu tergolong langka karena bisa mempertahankan orisinalitas cat bawaan pabriknya.

“Mungkin jenis VBB 1964 yang memiliki cat orisinil itu di Indonesia perbandingannya 1000: 100, sudah sangat sedikit sekali yang catnya asli, jadi harganya lumayan mahal,” ujarnya.  

Simak: Lulusan SMP, Yogi Hermawan Sukses Jual Vespa Tank ke Spanyol

Untuk level terendah saja, alias catnya original namun kurang terawat, jenis Vespa VBB 1964 biasanya dibanderol Rp 30 jutaan. Terlebih jika Vespa itu terawat baik. "Tapi meskipun Mas Gibran anak presiden, juri tetap akan obyektif dalam penilaian, tak ada intervensi apapun,“ ujar Yudha.

Dalam event ini, memang ada sejumlah kontes digelar. Mulai dari Dyno Test, Helm Painting untuk anak, sampai Die Cast untuk mobil antik.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT