Timnas Baseball Indonesia Incar Final di SEA Games 2019
TEMPO.CO | 20/12/2018 04:37
Atlet baseball/softball Indonesia, yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018.
Atlet baseball/softball Indonesia, yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

TEMPO.CO, Jakarta - Tim nasional (Timnas) Baseball menargetkan bisa tembus ke pertandingan final di perhelatan SEA Games 2019 Filipina. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Dana Kusumo berharap bisa membawa pulang emas.

Menurut dia, peluang Timnas baseball meraih medali cukup besar. Pasalnya, di level Asia Tenggara hanya dua negara yang bersaing ketat merebut emas, yakni Filipina dan Indonesia. "Filipina itu seperti musuh abadi bagi Indonesia di olahraga khas Amerika Serikat," ucap Dana di Jakarta, Rabu, 19 Desember 2019.

Pada SEA Games 2017 di Malaysia cabang olahraga baseball dan softball tidak dipertandingkan. Hingga saat ini, Dana menyatakan, baseball dan softball masuk dalam cabang olahraga di SEA Games 2019. Baseball, menurut dia, merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Filipina, selain basket. "Sejauh ini yang dipertandingkan itu baseball nomor putra, dan softball putra serta putri," kata dia.

Dana menjelaskan sebagai persiapan umum, Perbasasi akan menggelar sirkuit nasional pada Januari 2019. Selanjutnya, para pemain yang sudah bergabung di tim nasional akan dipulangkan ke daerah untuk berlatih sesuai program dari Perbasasi. Selama di daerah, ia menyatakan, para pemain bakal bertanding di ajang pra Pekan Olahraga Nasional 2020.

Usai membela daerah, lanjut Dana, Perbasasi mulai mengumpulkan para pemain pada pertengahan 2019. "Kami jadwalkan akan ada program latihan di luar negeri," ucapnya. Sedangkan materi pemain yang diproyeksi tampil di SEA Games 2019 terdiri dari pemain senior dan junior.

ADITYA BUDIMAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT