Mikel Arteta : Absen Kompetisi Eropa Pukulan Telak untuk Arsenal
TEMPO.CO | 15/07/2020 19:17
Manager Arsenal Mikel Arteta. REUTERS
Manager Arsenal Mikel Arteta. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang laga melawan Liverpool, Pelatih Arsenal Mikel Arteta berbicara tentang kemungkinan timnya masuk dalam kompetisi Eropa musim depan. Menurut dia, kehilangan peluang bermain di Liga Champions atau Liga Europa akan menjadi pukulan telak bagi Arsenal. "Bagi semua orang itu pukulan besar, banyak hal berubah, banyak klub punya sejarah di Liga Champions dan sekarang tidak. Kami bukan satu-satunya tim yang berada dalam situasi itu," ujar dia, dikutip dari Skysports, Rabu 15 Juli 2020.

Kekalahan melawan rival London utara Tottenham membuat Arsenal berada di urutan sembilan dengan hanya tiga pertandingan tersisa. Kekalahan itu memperkecil peluang mereka untuk menembus kompetisi Eropa. Di ajang Piala FA pun, Arsenal menghadapi lawan berat, Manchester City, di babak semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu mendatang. Absen di kompetisi Eropa akan menjadi yang pertama kalinya untuk The Gunners sejak tahun 1995.

Musim ini juga menjadi musim ketiga Arsenal absen di Liga Champions Eropa. Arteta pun sadar hanya ada tujuh tim di klasemen Liga Inggris yang bisa berkompetisi di Eropa. "Catatan-catatan itu ada di sana untuk dipecahkan, jadi itu adalah sesuatu yang telah terjadi, jadi jelas kami perlu tahu bahwa ada alasan di baliknya. Ini bukan nasib buruk, itu bukan satu elemen atau dua elemen. Banyak hal yang harus diubah untuk mencapai level yang kami inginkan," ujar dia.

Setelah menggantikan Unai Emery pada Desember lalu, Arteta mulai mengubah klub dengan mempromosikan beberapa pemain muda menjadi tim utama. Sementara, pelatih asal Spanyol itu akan mendepak pemain-pemain senior yang tampil buruk musim ini.

Salah satu andalan Arteta adalah bek sayap Skotlandia Kieran Tierney. Pemain berusia 23 tahun itu menderita masalah cedera setelah kedatangannya dari Celtic musim panas lalu, tetapi berhasil tampil mengesankan sejak Liga Premier dilanjutkan pada Juni. "Aku sangat gembira untuk penampilannya. Ini masa yang sulit baginya sejak dia pindah, ia harus berusaha beradaptasi dengan klub baru, kota baru, dengan cedera yang dia miliki," kata dia.

Mikel Arteta yakin usaha Kieran Tierney akan terbayar pada momen jangka panjangnya membangun kembali Arsenal. "Jadi itu adalah contoh yang sangat jelas bahwa jika Anda terus berjuang, terus mencapai tujuan Anda dan Anda bekerja keras dan Anda selalu rendah hati dan Anda selalu positif dan berusaha membantu, segala sesuatunya datang kepada Anda," ucap dia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT