Latihan Timnas Indonesia Senior dan U-19 Dimulai 1 Agustus
TEMPO.CO | 26/07/2020 18:53
Pemain Timnas Indonesia saat berlatih. Antara
Pemain Timnas Indonesia saat berlatih. Antara

TEMPO.CO, JakartaPSSI menyatakan bahwa latihan perdana Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, akan dimulai pada Sabtu, 1 Agustus 2020.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu, jadwal tersebut ditetapkan oleh manajer pelatih timnas Shin Tae-yong.

"Pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program latihan perdana di lapangan pada 1 Agustus," ujar pelaksana tugas sekretaris jenderal PSSI Yunus Nusi.

Menurut Yunus, para pemain timnas senior dan U-19 Indonesia dalam keadaan sehat sejak berkumpul perdana di Jakarta pada Kamis (23 Juli).

Para petinggi PSSI termasuk sang ketua umum Mochamad Iriawan, wakil ketua umum Iwan Budianto dan direktur teknik Indra Sjafri telah menemui selurruh pemain dan ofisial di hotel pada Sabtu (25 Juli) untuk memberikan motivasi dan dukungan.

"Para pemain tampak sehat dan bersemangat saat kami sambangi ke hotel. Mereka bertekad untuk bekerja keras dan berjuang demi meraih prestasi bersama timnas Indonesia. Ketua Umum PSSI berpesan agar kami terus mendampingi dan memantau perkembangan mereka," tutur Yunus.

Sementara kepala tim medis PSSI Syarif Alwi menyebut bahwa jeda yang lumayan panjang, tepatnya delapan hari, dari berkumpul hingga berlatih di lapangan akan dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan penyebaran COVID-19.

Mereka sekaligus menunggu hasil tes usap (swab test) yang dilakukan pada Jumat (24 Juli).

"Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari usai swab test dilakukan. Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana," kata Syarif.

Tim nasional dan U-19 Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta. Semua kegiatan TC diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT