Pelatnas Atletik Digelar 11 Agustus, Sapwaturrahman Kejar Tiket Olimpiade
TEMPO.CO | 06/08/2020 19:19
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Filipina, Sabtu, 7 Desember 2019. Kontingen Indonesia berhasil melampaui target medali emas pada hari
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Filipina, Sabtu, 7 Desember 2019. Kontingen Indonesia berhasil melampaui target medali emas pada hari kedelapan pesta olahraga se-Asia Tenggara ini. ANTARA/Nyoman Budhiana

TEMPO.CO, Jakarta- Atlet lompat jauh putra, Sapwaturrahman, menyambut baik rencana dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau PASI yang bakal memulai pemusatan latihan nasional pada 11 Agustus mendatang. Rencananya, ia menjadi salah satu dari 10 atlet yang dipanggil dalam gelombang pertama Pelatnas. Total ada 15 atlet yang bergabung dalam Pelatnas yang diproyeksikan sebagai persiapan SEA Games 2021 dan Olimpiade Tokyo.

"Saya bergabungnya nanti agak telat karena ada urusan, tapi sudah minta izin," kata Sapwaturahman saat dihubungi Tempo, Kamis, 6 Agustus 2020.

Meski pelatnas atletik telah vakum sejak Maret lalu karena pandemi virus corona, pria yang akrab disapa Sapwa ini masih berlatih untuk menjaga kondisi fisik. Menurut dia, sejak kembali ke Mataram, dirinya masih berlatih walaupun jadwalnya tidak intens seperti di pelatnas. "Untuk kondisi tubuh masih terjaga sih," ungkap dia.

Saat ini, Sapwa masih terus berupaya untuk bisa mendapat tiket tampil di Olimpiade Tokyo 2020. "Sebagai tanggung jawab harus lolos, karena itu yang ditargetkan," kata dia.

Sebelumnya, PASI berusaha meloloskan dua atlet lain ke Olimpiade Tokyo tahun 2021. Setelah mendapatkan satu tiket melalui Lalu Muhammad Zohri pada nomor lari 100 meter, PASI memproyeksikan Emilia Nova dan Sapwaturahman untuk lolos ke Jepang tahun depan.

Emilia Nova akan berlaga di nomor lari gawang 100 meter dan Sapwaturahman di nomor lompat jauh. "Emil, segala macam yang hebat itu, dan Sapwa masih bisa lolos," kata pelaksana tugas Ketua Umum PASI, Zacky Anwar Makarim, Kamis, 16 Juli 2020.

IRSYAN HASYIM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT