4 Berita MotoGP Hari Ini: Marc Marquez, Rossi, Morbidelli, Brad Binder
TEMPO.CO | 10/08/2020 20:18
Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi dan pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dalam MotoGP Andalusia 2020 di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, Ahad, 26 Juli 2020. REUTERS/Jon Nazca
Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi dan pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dalam MotoGP Andalusia 2020 di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, Ahad, 26 Juli 2020. REUTERS/Jon Nazca

TEMPO.CO, JakartaBerita MotoGP pada Senin, 10 Agustus 2020, menampilkan kabar terbaru soal Marc Marquez, Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Brad Binder.

Inilah berita selengkapnya:

Marc Marquez Masih Akan Absen

Juara dunia Marc Marquez baru akan berlomba lagi di Misano, sehingga ia dipastikan akan absen di dua seri Grand Prix MotoGP di Austria, Agustus ini.

Konfirmasi ini datang dari pembalap uji coba Honda, Stefan Bradl, yang menggantikan posisinya di tim Repsol.

Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez. (ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez/wsj).

"Senang melanjutkan bersama dengan HRC untuk dua balapan di Red Bull Ring," tulis Bradl dalam kicauan Twitter, Senin, 10 Agustus 2020.

Marquez baru akan membalap lagi setelah sembuh total, meskipun ini artinya ia akan kehilangan kesempatan mempertahankan gelar Juara Dunia. Grand Prix di Austria akan digelar di sitkuit Red Bull Ring pada 16 Agustus dan 23 Agustus 2020.

Setelah itu, MotoGP dilaksanakan di Sirkuit Misano, Italia pada 13 dan 20 September 2020.

Morbidelli Hormati Rossi

Franco Morbidelli meraih podium pertamanya di arena MotoGP saat finis kedua dalam GP Republik Cek di Sirkuit Brno, Ahad malam, 9 Agustus 2020. Pembalap Petronas Yamaha itu pun langsung memberikan penghormatan kepada 'paman besar'-nya, Valentino Rossi.

Di akhir balapan, pembalap Italia itu langsung memeluk Rossi,yang telah membesarkan pembalap Italia itu melalui Akademi VR46 miliknya.

Franco Morbidelli (marcvds.com)
Morbidelli tampak emosional seusai lomba itu. “Saya di sini terutama karena dia, karena dia percaya pada saya ketika saya bukan siapa-siapa," kata dia soal Valentino Rossi.

"Saya tahu ini aneh karena kami berpacu satu sama lain, tetapi ketika balapan selesai dia adalah teman baik saya, dia seperti paman atau kakak laki-laki, jadi setelah balapan saya hanya ingin memeluk dia dan para pembalap Akademi. Itu adalah momen yang luar biasa.”

Morbidelli saat ini menjalani musim ketiga di MotoGP. Dalam dua musim sebelumnya, ia terus finis ke-10 tanpa pernah mengecap podium. Dalam balapan di Brno, dahaganya akan podium pun terpuaskan.

Selanjutnya: Cerita Rossi dan Brad Binder

Rossi Tetap Positif Meski Gagal Podium

Valentino Rossi gagal mewujudkan podium MotoGP ke-200 dalam lomba GP Republik Cek di Sirkuit Brno, Ahad, 9 Agustus 2020. Namun, pembalap Monster Yamaha itu mengaku tetap senang dengan hasil yang ia raih.

Rossi, yang memulai dari posisi ke-10, hanya finis kelima dalam lomba itu. Di antara para pembalap Yamaha, ia berada di posisi kedua setelah Franco Morbidelli, yang menjadi runner-up dari KTM Brad Binder. Ia unggul dari Fabio Quartararo (ke-7) dan rekan setimnya Maverick Vinales (ke-14).

Pembalap Yamaha Valentino Rossi. Reuters

"Balapan yang bagus hari ini," kata Rossi. "Balapan kedua di Jerez lebih baik karena kami mendapat podium. Tapi secara umum performa saya di sini lebih baik, karena saya harus start dari baris keempat."

Dalam lomba di MotoGP Andalusia, dua pekan sebelumnya, Rossi meraih podium. Ia finis ketiga, sekaligus mengakhiri paceklik podium selama setahun.

Rossi senang melihat perkembangan tunggangannya. “Balapan kini menjadi sangat rumit, tapi saya merasa nyaman dengan motornya, dan saya memiliki performa yang bagus di trek balap ini. Saya bisa menjadi kuat dari awal hingga akhir dan juga di bagian akhir balapan. balapan saya bagus."

Baginya, penyebab kegagalan naik podium adalah karena kualifikasi yang buruk. "Sungguh memalukan bahwa kemarin kami melakukan beberapa kesalahan dalam kualifikasi karena jika saya bisa memulai satu baris ke depan, mungkin saya bisa berjuang untuk podium," kata dia.

"Tapi bagaimanapun, ini tetap merupakan performa yang bagus dan saya menikmati balapan."

Kata Brad Binder Usai Meraih Gelar

Brad Binder yakin kemenangannya bersama KTM dalam balapan MotoGP Republik Cek merupakan awal dari sesuatu yang luar biasa.

Binder menjadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang memenangi balapan di kelas premier, sekaligus mempersembahkan kemenangan perdana bagi KTM sejak tim asal Austria itu debut di MotoGP pada 2017.

Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder merayakan kemenangan balapan MotoGP Grand Prix Republik Ceko di Sirkuit Masaryk, Brno, Republik Ceko, Ahad, 9 Agustus 2020. Binder menjadi pebalap asal Afrika Selatan pertama yang memenangi balapan MotoGP. REUTERS/David W Cerny

Runner-up Moto2 tahun lalu itu membutuhkan hanya tiga balapan di awal musim sebagai pembalap rookie untuk melakukan selebrasi di podium teratas, mengalahkan pembalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli dan Johann Zarco dari tim Esponsorama Racing.

"Hari ini hari yang paling luar biasa di hidupku sejauh ini. Hari yang aku impikan sejak masa kecilku. Untuk hal ini terwujud di grand prix ketigaku itu membuatku merinding, jujur aku tak bisa mempercayainya," kata Binder seperti dilansir laman resmi MotoGP, Ahad.

Binder telah membalap dengan KTM sejak di Moto3 dan Moto2 dan merasakan podium teratas di kedua kelas tersebut, namun kemenangan di MotoGP ini terasa sangat berbeda.

"Bersama Red Bull, bersama KTM, kami telah menang di ketiga kelas dan aku berharap ini menjadi awal dari sesuatu yang luar biasa," kata Binder.

Binder kini menatap pertarungan selanjutnya ketika MotoGP pekan depan menyambangi Red Bull Ring di kandang KTM, Austria.

CRASH | MOTOGP | GPONE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT