Tak Masuk PON 2021, PB ISSI Gowes 2020 Kilometer Jakarta-Papua
TEMPO.CO | 21/09/2020 22:24
Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat menjalani etape pertama gowes 2020 KM dari Jakarta ke Purwakarta, Minggu (20/9/2020). ANTARA/HO-NOC Indonesia/aa.
Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat menjalani etape pertama gowes 2020 KM dari Jakarta ke Purwakarta, Minggu (20/9/2020). ANTARA/HO-NOC Indonesia/aa.

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) tengah mengadakan gowes Jakarta-Papua sejauh 2020 kilo meter (KM) sebagai untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021. Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa gowes yang menempuh jarak tersebut juga digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk mengkampanyekan PON ke daerah-daerah.

“Ini merupakan salah satu pendekatan kami untuk ikut mengkampanyekan PON ke daerah-daerah. Daripada debat di media terkait pelaksanaan balap sepeda di PON nanti, kami tunjukkan dukungan saja lewat program ini," kata Oktohari, saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin, 21 September 2020.

Gowes Jakarta-Papua itu sudah dimulai di mana etape pertamanya menempuh jarak 120 km dari Jakarta ke Purwakarta, Senin. Kegiatan bersepeda itu diharapkan bisa finis di Papua sebelum PON 2021. “Pokoknya dicicil nanti hingga akumulasi jaraknya bisa mencapai 2020 km begitu sampai Papua," ujar Oktohari.

Baca juga : Minat Gowes Kian Meningkat, Ini Tips Bersepeda dari PB ISSI

Ia meneruskan, "Etape selanjutnya bisa saja Jakarta-Yogyakarta. Tapi enggak harus mulai dari Jakarta juga. Etape berikutnya, mungkin saya akan menyusul timnas yang akan kembali ke Yogyakarta, target jaraknya 200 km."

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengajak para stakeholder olahraga Indonesia, mulai dari atlet nasional hingga komunitas sepeda untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, kata dia, sudah menyanggupi untuk ikut serta.

"Hampir semua daerah kabupaten/kota se-Indonesia saat ini berolahraga sepeda. Niatnya kalau bisa keliling hingga nanti akhirnya finis di Papua. Kami tetap menggunakan protokol kesehatan ketat. Kalau segalanya lancar, perhitungannya Desember 2020 selesai 2020 km," ujar Raja Sapta Oktohari tersebut.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT