Digunjing Usai Sentuh Rekor F1 Michael Schumacher, Begini Reaksi Lewis Hamilton
TEMPO.CO | 13/10/2020 21:33
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, berpose setelah meraih pole position pada GP Rusia di Sochi Autodrom, Sochi, Rusia, 26 September 2020. FIA/Handout via REUTERS
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, berpose setelah meraih pole position pada GP Rusia di Sochi Autodrom, Sochi, Rusia, 26 September 2020. FIA/Handout via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Lewis Hamilton heran dengan reaksi sejumlah pembalap senior yang mengomentari kesuksesannya di Formula 1 2020. Ia juga heran pergunjingan atas kemampuannya menyamai rekor kemenangan ke-91 Michael Schumacher saat memenangkan GP Jerman di Nurburgring, Ahad lalu.

Hasil di Jerman membuat Hamilton memimpin klasemen dengan selisih 69 poin dari pesaing terdekatnya sesama pembalap Mercedes Valtteri Bottas. Ia pun berada di jalur yang benar untuk menyamai rekor lain Schumacher untuk menyabet gelar juara dunia ketujuh Formula 1.

Raihan Lewis Hamilton itu menuai reaksi dari juara dunia tiga kali Formula 1, Sir Jackie Stewart, yang mengatakan bahwa sulit untuk membayangkan persaingan Hamilton dengan beberapa pembalap F1. Stewart membandingkan Hamilton dengan pembalap seperti Juan Manuel Fangio dan Jim Clark. Kedua pembalap itu harus bersaing di tengah kalender yang lebih panjang dan tim yang lebih dominan di era modern.

Baca juga : Lewis Hamilton Sentuh Rekor Michael Schumacher, Begini Kata Sebastian Vettel

Namun, menurut Hamilton, tidak mungkin membandingkan pembalap di berbagai masa. Ia juga menganggap tidak penting untuk membandingkan siapa yang menjadi pembalap terhebat. "Saya tidak berpikir bahwa Anda harus menyindir atau membicarakan siapa pun karena cara mereka melakukan sesuatu," kata Hamilton, dikutip dari Motorsport, Selasa, 13 Oktober 2020.

Juara dunia Formula 1 enam kali itu mengungkapkan kebingungannya tentang komentar yang dibuat oleh beberapa pembalap F1 sebelumnya. "Saya dibicarakan oleh banyak orang, terutama seperti pembalap yang lebih senior. Saya tidak tahu mengapa, mungkin suatu hari mereka akan mengatasinya. Saya sangat menghormati legenda masa lalu, termasuk mereka yang terus berbicara negatif tentang saya," ujar Hamilton.

Lewis Hamilton menambahkan, "Saya tetap menjunjung tinggi mereka, karena saya tahu itu sangat sulit, waktu yang berbeda dalam setiap sejarah. Itu sangat sulit bagi mereka dan mereka tetap menjadi legenda. Dalam waktu 20 tahun, apa pun itu, ketika saya melihat ke belakang, saya bisa berjanji kepada Anda, saya tidak akan meremehkan pembalap muda mana pun yang datang dan berhasil."

Hamilton akan melampaui rekor Michael Schumacher dengan kemenangan berikutnya. Ia juga berpeluang untuk membuat rekor 100 kemenangan dalam sejarah Formula 1. "Tanggung jawab kami sebagai pembalap yang lebih tua adalah untuk menyinari cahaya seterang mungkin. Akan ada orang lain, apakah itu Max Verstappen atau siapa pun itu, yang akan mengejar rekor yang akhirnya nanti saya buat," kata Hamilton.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT