10 Pemain Sepak Bola Berbanderol Termahal: 7 dari Real Madrid, 3 Barcelona
TEMPO.CO | 05/11/2020 17:26
Pemain Real Madrid, Karim Benzema. Reuters
Pemain Real Madrid, Karim Benzema. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Siapakah pemain sepak bola yang memiliki release clause alias banderol tertinggi dalam kontraknya alias pemain termahal di dunia? Ternyata bukan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Media Inggris, The Sun, mengungkapkan daftar pemain dengan release clause termahal. Tujuh di antaranya ternyata merupakan pemain Real Madrid, tengan Karim Benzema menjadi yang tertinggi.

Inilah daftar lengkap 10 Pemain dengan release clause (klausa pelepasan) terbesar dalam kontraknya:

1. Karim Benzema (Real Madrid): 846,7 juta pounds atau sekitar Rp 15,9 triliun

Karim Benzema. Instagram.com

Karim Benzema sudah menjadi bagian sentral Real Madrid sjak pindah dari Lyon pada 2009. Ia kini sudah berusia 33 tahun, tapi Madrid mengharganya cukup tinggi. Banderol senilai Rp 15,9 triliun dipasang dalam kontraknya yang masih tersisa dua tahun.

2. Antoine Griezmann (Barcelona): 677,2 juta pounds atau sekitar Rp 12,6 triliun

Pemain Barcelona, Antoine Griezmann. REUTERS

Barcelona seperti mendapat berkah saat merekrut pemain ini dari Atletico Madrid pada tahun lalu. Pemain Prancis itu diberi kontrak hingga 2024 dengan release clause senilai Rp 12,6 triliun. Namun, tampaknya tak akan banyak klub yang mau menebus harga itu melihat performanya di Barcelona yang tak semencorong di klub sebelumnya.

3. Luka Modric (Real Madrid): 634,9 juta pounds atau sekitar Rp 11,8 triliun

Gelandang Real Madrid Luka Modric. REUTERS/Sergio Perez

Pemenang Ballon d'Or 2018 ini sudah berusia 35 tahun. Ia masih menjadi bagian penting dari skuad Madrid, meski kemampuannya kian digerogoti usia. Dalam kontraknya yang akan berakhir pada tahun depan, ia dibanderol Rp 118 triliun.

Selanjutnya: Messi dan bintang muda Real Madrid

Daftar Pemain dengan release clause (klausa pelepasan) terbesar dalam kontraknya:

4. Brahim Diaz (Real Madrid): 634,9 juta pounds atau sekitar Rp 11,8 triliun

Pemain AC Milan Brahim Diaz. REUTERS/Daniele Mascolo

Ia masih muda, baru 21 tahun. Dibeli dari Man City pada 2019, ia diberi kontrak jangka panjang dengan banderol Rp 11,8 triliun. Namun, sejauh ini ia kalah bersaing dalam skuad Los Blancos. Musim ini ia dipinjamkan ke AC Milan dan berperan cukup baik di klub Serie A itu.

5. Lionel Messi (Barcelona): 592,5 juta pounds atau sekitar Rp 11,1 triliun

Pemain Barcelona, Lionel Messi. REUTERS/Albert Gea

Messi nyaris pergi pada awal musim ini. Tapi banderol Rp 11 triliun di kontraknya membuat tak ada klub yang mampu menebusnya. Ia akhirnya bertahan dan akan menjalani masa terakhir kontraknya di Camp Nou.

6. Isco (Real Madrid): 592,5 juta pounds atau sekitar Rp 11,1 triliun 11,1 triliun

Gelandang Real Madrid, Isco. AP

Isco memiliki release clause sama besar dengan Messi. Pemain ini dikontrak pada 2017 selama lima tahun. Ia memiliki bakat menonjol, tapi performanya terus naik turun tak stabil. Ia kerap jadi andalan tapi tak jarang tersisih dari skuad Madrid.

7. Vinicus Jr (Real Madrid): 592,5 juta pounds atau sekitar Rp 11,1 triliun

Pemain Real Madrid, Vinicius Junior. REUTERS

Salah satu bintang muda harapan masa depan Madrid. Ia baru berusia 20 tahun. Didatangkan dari Flamengo pada 2017, ia dibanderol Rp 11,1 triliun oleh Madrid. Sejauh ini ia mampu menjadi pilihan utama Zinedine Zidane, meski beberapa hari lalu sempat membuat jengkel rekan setimnya karena gaya bermainnya dinilai tak mendukung tim.

Selanjutnya: Gareth Bale dan Pique

Daftar Pemain dengan release clause (klausa pelepasan) terbesar dalam kontraknya:

8. Marco Asensio (Real Madrid): 592,5 juta pounds atau sekitar Rp 11,1 triliun

Pemain Real Madrid, Marco Asensio. REUTERS/Sergio Perez

Marco Asensio, 24 tahun, diberi kontrak enam tahun pada 2017. Madrid menetapkan release clause senilai 11,1 triliun untuk pemain depan ini. Ia memiliki potensi dan kemampuan menonjol, tapi masih berada di bawah bayang-bayang Benzema.

9. Gareth Bale (Real Madrid): 423 juta pounds atau sekitar Rp 7,9 triliun

Pemain Tottenham Hotspur Gareth Bale. REUTERS/Julian Finney

Pemain mahal yang tersia-sia di Real Madrid. Ia masih terikat kontrak dua tahun lagi dengan banderol yang tak murah: Rp 7,9 triliun. Kini pemain Wales itu dipinjamkan ke klub lamanya, Tottenham Hotspur, dan mulai menunjukkan tanda-tanda menemukan ketajamannya kembali.

10. Gerard Pique (Barcelona): 423 juta pounds atau sekitar Rp 7,9 triliun

Pemain Barcelona Gerard Pique. REUTERS/Albert Gea

Satu dari tiga pemain Barcelona yang masuk dua besar. Ia memiliki kontrak hingga 2024 setelah dibeli kembali dari Manchester United pada 2008. Ia terus manjadi andalan klub La Liga itu di posisi bek tengah.

THE SUN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT