Indonesia Patriots Bakal Main di IBL 2020, Menurunkan Pemain Muda Timnas Basket
TEMPO.CO | 07/11/2020 09:24
Pebasket Indonesia Patriots Lester Prosper (kedua kanan) mencoba melewati pertahanan tim basket Satya Wacana Salatiga (SWS) saat pertandingan seri keempat IBL Pertamax 2020 di GOR Amongrogo, DI Yogyakarta, Sabtu (8/2/2020). Indonesia Patriots menang atas
Pebasket Indonesia Patriots Lester Prosper (kedua kanan) mencoba melewati pertahanan tim basket Satya Wacana Salatiga (SWS) saat pertandingan seri keempat IBL Pertamax 2020 di GOR Amongrogo, DI Yogyakarta, Sabtu (8/2/2020). Indonesia Patriots menang atas Satya Wacana Salatiga dengan skor 105-67. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama.

TEMPO.CO, Jakarta -Indonesia Patriots akan kembali meramaikan Liga Bola Basket Indonesia atau IBL 2021 dengan menurunkan pemain tim nasional muda. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan Indonesia Patriots akan berkompetisi hingga babak reguler selesai.

“Sama seperti musim lalu, Indonesia Patriots akan berkompetisi hingga babak regular usai dan tidak ke babak playoff dan selanjutnya,” kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam situs resmi IBL, Jumat, 6 November 2020.

Keikutsertaan pemain yang nantinya disebut sebagai Timnas Elite Muda diharapkan dapat mempersiapkan pelapis timnas senior dalam menghadapi Piala Asia FIBA 2021 maupun Piala Dunia FIBA 2023. “Kami berharap keikutsertaan Timnas Elite Muda di IBL dapat mempersiapkan pelapis timnas senior Indonesia menuju FIBA World Cup 2023," ujar Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Baca juga : Basket: Hangtuah Kecewa, Nilai Pembatalan Kompetisi IBL Tanpa Alasan Kuat

PP Perbasi sebelumnya telah melakukan seleksi timnas muda tahap pertama lewat video kepada 57 pemain. Sementara pada tahap kedua, terkumpul 29 pemain dari 13 pengurus provinsi Perbasi yang akan diseleksi pada 5-15 November 2020 di GMC Basketball Arena, Cirebon.

Timnas Elite Muda berada di bawah koordinasi Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Syailendra Bakrie, penanggung jawab Wahyu Gunarto, serta manajer tim Andi “Batam” Poedjakesuma. Sementara jajaran pelatih terdiri dari Youbel Sondakh sebagai pelatih kepala dibantu dua asisten pelatih, yakni Andre Ekayana Satya Santosa dan Koko Heru S. Nugroho. Derry Drew akan menangani urusan strength and conditioning.

Selain itu, mereka juga akan berada dalam pengawasan pelatih kepala tim nasional senior asal Serbia Rajko Toroman. “Pola permainan dan sistem mereka akan sinkron dengan apa yang dilakukan di timnas basket senior, sebab tim ini memang dibentuk sebagai pelapis timnas senior,” ucap manajer Timnas Elite Muda Andi Poedjakesuma.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT