Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions, 3 Pemain Muda Ini Mendapat Pujian
TEMPO.CO | 02/12/2020 11:32
Pemain Liverpool, Curtis Jones melakukan selebrasi usai menjebol gawang Ajax Amsterdam dalam penyisihan grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, Britain, 1 Desember 2020. REUTERS/Paul Ellis
Pemain Liverpool, Curtis Jones melakukan selebrasi usai menjebol gawang Ajax Amsterdam dalam penyisihan grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, Britain, 1 Desember 2020. REUTERS/Paul Ellis

TEMPO.CO, JakartaTiga pemain muda Liverpool yakni kiper Caoimhin Kelleher, bek kanan Neco Williams, dan gelandang Curtis Jones mendapat banyak pujian atas peran penting mereka memastikan tiket babak 16 besar Liga Champions bagi The Reds dengan membungkam Ajax 1-0 di Anfield, Selasa waktu setempat (Rabu dinihari WIB).

Kelleher diberi kepercayaan manajer Jurgen Klopp untuk mengawal gawang Liverpool menyusul cedera hamstring yang membekap Alisson Becker yang diungkap hanya beberapa jam jelang sepak mula.

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh Kelleher yang melakukan setidaknya tiga penyelamatan, termasuk tandukan tajam Klaas-Jan Huntelaar di muka gawang dua menit jelang bubaran.

"Saya pikir ini penampilan yang luar biasa. Kelleher melakukan dua atau tiga penyelamatan yang amat gemilang," kata kapten Liverpool Jordan Henderson selepas pertandingan dilansir laman resmi UEFA.

"Saya pikir dia sungguh luar biasa, kami kerap menyaksikannya di sesi latihan. Kiper hebat dan pantas atas kesempatan malam ini," ujarnya menambahkan.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp memeluk Neco Williams usai bertanding dan kalahkan Ajax Amsterdam dalam penyisihan grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, Britain, 1 Desember 2020. REUTERS/Paul Ellisber

Sedangkan Neco Williams, yang dalam beberapa pertandingan terakhir kerap disasar lawan karena dinilai belum terlalu solid menggantikan peran Trent Alexander-Arnold, mengirimkan umpan silang terukur yang diselesaikan Jones menjadi gol penentu kemenangan pada menit ke-58.

Sebelum golnya itu, Jones sudah dua kali menebarkan ancaman dalam enam menit pertama pertandingan ke arah pertahanan Ajax, satu di antaranya sudah memperdaya kiper Andre Onana tetapi ditolak oleh tiang gawang.

"Kelleher merupakan kiper super dan ia memperlihatkan performa top," kata Klopp. 
"Neco adalah kisah spesial lainnya. Sekarang tugas dia adalah menemukan konsistensi penampilan di Liga Premier dan Liga Champions, seusatu yang tidak mudah."

Kemenangan atas Ajax memastikan Liverpool mengunci tiket babak gugur sebagai juara Grup D apapun hasil pertandingan pemungkas mereka kontra Midtjylland pada Rabu (9 Desember) pekan depan.

Selanjutnya: Apa Komentar Para Pemian Muda Itu?

 Jordan Henderson merasa para pemain muda timnya dapat diandalkan, terutama setelah kontribusi mereka pada pertandingan Liga Champions.

"Ini adalah tiga poin yang didapat dengan susah payah. Kami bekerja sangat keras untuk menang. Para pemain muda tampil baik. Itu adalah umpan silang yang bagus dari Neco dan Curtis mampu memenangi perjudian di tiang gawang," kata Henderson kepada laman resmi UEFA.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Liverpool lolos sebagai juara Grup D dengan 12 poin, saat fase grup masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Pemain Ajax Amsterdam, Ryan Gravenberch dihadang dua pemain Liverpool, Jordan Henderson dan Roberto Firmino dalam penyisihan grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, Britain, 1 Desember 2020. REUTERS/Jon Super


"Dengan semua cedera yang kami alami, rasanya menyenangkan untuk dapat berada di puncak klasemen grup. Itu memberi kami sedikit jeda untuk mengistirahatkan satu atau dua pemain yang telah memainkan banyak pertandingan," tambah sang kapten.

Rasa optimistis juga diapungkan Kelleher, yang melakukan debutnya di Liga Champions akibat kiper utama Alisson Becker mengalami cedera hamstring.

"Kami (para pemain muda) tidak berada di sini hanya untuk ambil bagian. Kami ingin berjuang setiap hari, dan berusaha, dan memainkan sebanyak mungkin pertandingan. Anda dapat melihatnya sekarang, kami membuat perbedaan dan meningkatkan permainan tim," ujar kiper 22 tahun itu.

Sedangkan Curtis Jones lebih memilih bersuka cita karena timnya mencatatkan kemenangan keempat di fase grup Liga Champions.

"Ini adalah malam yang hebat. Dapat mencetak gol adalah sesuatu yang hebat, namun yang paling penting adalah kami menang. Saya turut berbahagia untuk para pemain," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT