Menpora Minta Siaran Langsung Liga 1 Bisa Ditonton Lewat Ponsel
TEMPO.CO | 10/02/2021 21:29
Menpora Zainudin Amali. Antara
Menpora Zainudin Amali. Antara

TEMPO, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, rapat bersama kepolisian dan PSSI, yang berlangsung Rabu, untuk membahas detail penerapan protokol kesehatan jika nantinya kompetisi Liga 1 mendapat izin untuk digulirkan kembali.

Meski belum mendapatkan izin menggelar kompetisi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyampaikan gambaran kondisi pertandingan ke depannya di dalam rapat koordinasi yang digelar di Kantor Kemenpora itu.

"Pertandingan tanpa penonton dan tidak boleh ada kerumunan di luar stadion maupun area di sekitarnya, tidak boleh ada yang melakukan nonton bareng (Nobar) dimanapun," kata Amali usai rapat.

Karena kompetisi digelar tanpa penonton, Menpora mengatakan bahwa PT LIB sebagai operator kompetisi bakal menayangkan siaran langsung di televisi dan live streaming. Menurut dia, jangkauan siaran langsung harus mudah seperti bisa ditonton melalui handphone.

Pembicaraan lainnya, kata dia, yakni rencana menggelar pramusim sebelum kompetisi resmi berlangsung. "Untuk tempat pertandingan harus memperhatikan zona penyebaran pandemi Covid-19, diusahakan tidak di zona merah," kata Amali.

Pemerintah pun, kata Menpora, bakal memprioritaskan pemberian vaksin bagi atlet, pelatih, dan seluruh komponen yang terlibat pertandingan. Menurut dia, izin masih belum dikeluarkan oleh pihak kepolisian, jadi masyarakat pencinta sepak bola haris bersabar terlebih dahulu.

"Kita harus berikan waktu dan kesempatan kepada Polri untuk mempelajari dan mendalami hasil rapat tadi karena situasi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang tinggi-tingginya," kata Amali.

Amali berharap kegiatan yang dilakukan masyarakat harus sejalan dan mendukung upaya pemerintah mengatasi Pandemi Covid-19 serta penerapan PPKM skala mikro.

"Polri pasti akan mengeluarkan keputusan yang terbaik untuk kegiatan sepakbola di tanah air dan penanganan pandemi covid 19. Kita harus percaya kepada Polri," kata dia.

Dalam rapat tersebut Menpora Zainudin Amali didampingi Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto. Tim dari Polri dipimpin oleh Asisten Operasional (Asops) Kapolri, Inspektur Jenderal
Imam Sugianto. Hadir pula perwakilan dari Satgas Covid-19 yakni Direktur Bencana BNPB, Johny Sumbung dan Ketua Bidang Kesehatan
Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional Brigadir Jenderal TNI (Purn) dr Alexander K Ginting.

Peserta rapat lainnya yakni Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ade Lukman, dan Direktur Utama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Junas Miradiarsyah.

Sebelummya, PSSI telah memutuskan Liga 1 dan Liga 2 2020 dihentikan setelah sempat direncanakan bergulir pada tahun ini. PT LIB pun telah mengambil ancang-ancang untuk menggelar Liga 1 2021 paling cepat setelah Lebaran pada Mei mendatang.

Baca Juga: Australia Open 2021, Serena Williams Melaju ke Babak Ketiga

Kendati demikian, sebelum Liga 1 bergulir, PT LIB merencanakan bakal menggelar turnamen pramusim lebih dulu. "Jadi, hari ini belum ada izin dari kepolisian karena nanti kepolisan yang menyampaikan," kata Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan.

IRSYAN HASYIM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT