Semifinal Australia Open 2021 Kemungkinan Akan Kembali Dihadiri Pentonton
TEMPO.CO | 17/02/2021 17:31
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic saat bertanding melawan petenis asal Jerman, Alexander Zverev dalam Perempat Final Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, 16 Februari 2021. REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic saat bertanding melawan petenis asal Jerman, Alexander Zverev dalam Perempat Final Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, 16 Februari 2021. REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake

TEMPO.CO, Jakarta - Semifinal Australia Open 2021 yang akan mulai berlangsung pada Kamis besok 18 Februari 2021 kemungkinan akan kembali dihadiri oleh penonton. Pemerintah wilayah Victoria menyatakan tak akan memperpanjang pemberlakuan isolasi ketat yang berakhir pada Rabu tengah malam ini.

Perdana Menteri Negara Bagian Daniel Andrews mengatakan pihaknya akan mencabut pemberlakuan isolasi ketat yang telah berlangsung dalam lima hari terakhir. Mulai Kamis dinihari nanti, warga dipastikan akan bisa beraktifitas secara normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

Pencabutan isolasi ketat tersebut dilakukan setelah tidak ada kasus baru Covid-19 yang terjadi di Kota Melbourne. Kebijakan itu sebelumnya diambil setelah terjadi penyebaran Covid-19 di sebuah klaster hotel karantina di sana.

"Dalam arti yang lebih luas, kami aman dan terbuka," kata Andrews dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, seperti dilansir Reuters.

Pencabutan pembatasan sosial itu akan memungkinkan penonton hadir di turnamen tenis Australia Open. Pada putaran pertama hingga sebagian putaran ketiga turnamen tersebut, pemerintah sebenarnya memperbolehkan penonton menonton langsung meskipun jumlahnya dibatasi.

Baca: Hasil Australia Open 2021: Kalahkan Rublev, Daniil Medvedev Lolos ke

Andrews menyatakan belum ada keputusan soal izin penonton di Australia Open, namun dia menyatakan akan membicarakan hal itu hari ini. Jika pun diizinkan, jumlah penonton kemungkinan akan kembali dibatasi.

"Akan ada pertemuan sore ini ... di mana kami akan membahas angka yang aman dan akan membuat keputusan itu dibuat secepat mungkin," kata Andrews.

Sebelum isolasi ketat diberlakukan, jumlah penonton di turnamen Grand Slam itu dibatasi hanya 25.000 orang. Jumlah itu kemungkinan besar akan dipangkas untuk empat hari terakhir.

Unggulan pertama nomor tunggal putra Novak Djokovic telah memastikan langkah di babak semifinal Australia Open. Dia akan menghadapi petenis non unggulan Aslan Karatsev pada Kamis besok.

Sementara unggulan kedua Rafael Nadal masih berjuang merebut tiket semifinal menghadapi petenis unggulan kelima Stafenos Tsitsipas hingga berita ini diturunkan. Jika lolos, Nadal akan menghadapi unggulan keempat Daniil Medvedev.

Di nomor tunggal putri, petenis unggulan ke-3 Naomi Osaka akan menghadapi Serena Williams yang merupakan unggulan ke-10. Satu laga semifinal lainnya akan digelar antara Karolina Muchova kontra Jennifer Brady. Muchova melangkah ke semifinal setelah mengalahkan unggulan pertama di nomor tunggal putri Australia Open 2021, Ashleigh Barty.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT