Gandang Gresini, Indonesian Racing Luncurkan Motor untuk Moto2 dan Moto3
TEMPO.CO | 17/02/2021 21:58
Pembalap Indonesian Racing Team Gresini Jeremy Alcoba dari Spanyol dan Gabriel Rodrigo menungganti motor baru mereka untuk musim Moto3 2021 (Antara/Gresini Racing)
Pembalap Indonesian Racing Team Gresini Jeremy Alcoba dari Spanyol dan Gabriel Rodrigo menungganti motor baru mereka untuk musim Moto3 2021 (Antara/Gresini Racing)

TEMPO.CO, JakartaIndonesian Racing, bermitra dengan Gresini Racing, resmi memperkenalkan motor baru untuk ajang Moto3 dan Moto2 tahun ini di acara peluncuran di Italia yang disiarkan langsung di sejumlah kanal media sosial, Rabu.

Indonesian Racing merupakan brand untuk tim balap motor Indonesia yang digagas oleh perusahaan manajemen olahraga asal Indonesia MP1.

Dengan misi mengibarkan bendera Merah Putih di ajang kejuaraan dunia MotoGP, Indonesian Racing akan menjalani tahun debutnya bersama nama yang sudah tidak asing lagi malang melintang di dunia balap motor, Gresini Racing, di bawah bendera Indonesian Racing Team Gresini Moto3.

Dengan kontrak berdurasi multi-tahun, Indonesian Racing menjadi sponsor utama tim Gresini di kelas Moto3. Logo Indonesian Racing juga akan terpampang di kelas Moto2 sebagai salah satu sponsor tim Gresini Racing di kelas menengah itu.

"Bersama Gresini Racing sebagai mitra teknis kami menciptakan Indonesian Racing... Ini adalah langkah pertama kami untuk ke MotoGP dan mempersembahkan kemenangan bagi Indonesia," ungkap CEO MP1 Racing Rocky Soerapoetra dalam jumpa pers virtual, Rabu.

Indonesian Racing Team Gresini akan diperkuat dua pebalap Jeremy Alcoba dari Spanyol dan Gabriel Rodrigo dari Argentina yang akan menunggangi motor bermesin Honda 250 cc dengan livery baru yang memiliki perpaduan warna merah dan hitam.

Bos Gresini Racing, Fausto Gresini tidak bisa menghadiri acara peluncuran tersebut karena masih menjalani perawatan setelah pada akhir tahun lalu positif COVID-19.

"Doa pertama saya agar bos lekas pulih, sedangkan tentang musim ini semoga COVID memungkinkan kami balapan dan kalender tidak berubah," kata Alcoba.

"Tujuan utamanya adalah meningkatkan performa pada Sabtu karena kami kewalahan tahun lalu, sedangkan di balapan saya ingin tampil konstan di peringkat lima besar, mungkin dengan sejumlah kemenangan," kata rookie terbaik 2020 itu.

Sedangkan Rodrigo, yang finis peringkat 13 tahun lalu, ingin melupakan buruknya penampilan di musim lalu dan mulai baru.

"Saya ingin memulai lagi, tujuannya adalah bertarung untuk titel dan menjadi pesaing sebenarnya. Kami akan bekerja keras di tes pramusim agar siap untuk itu.

Jimmy Akbar, dari manejemen MP1 mengungkapkan, sebagai pendatang baru di seri kejuaraan dunia MotoGP, Indonesian Racing memiliki visi jangka panjang antara lain menjadi tim yang independen dan mengorbitkan pebalap nasional ke ajang internasional hingga MotoGP.

"Kami di Indonesian Racing mulai dari awal dengan benar. Kami mendapat dukungan dari Gresini, Dorna dan IRTA dan yang pasti kami punya program dengan jenjang yang panjang. Kami mulai dari Moto3, Moto2, mulai dari bawah," kata dia.

Bersama Gresini, Indonesian Racing nantinya juga akan mengembangkan akademi pembalap untuk mengidentifikasi dan mempersiapkan para pembalap berbakat Indonesia ke pentas dunia.

Saat ini hanya terdapat satu pembalap Indonesia yang berkompetisi di sirkus MotoGP yaitu Andi Farid Izdihar, yang akan memulai perjuangannya di kelas Moto3 bersama Idemitsu Honda Team Asia, setelah tahun lalu turun di kelas Moto2 bersama tim tersebut.

Baca Juga: Yamaha Bisa Menjadi Tim Komplet Tanpa Rossi

Selain lewat Indonesian Racing, partisipasi Indonesia di ajang MotoGP tahun ini juga bertambah dengan terbentuknya tim Pertamina Mandalika SAG Team yang akan berlaga di kelas Moto2. Sementara itu Sirkuit Mandalika, yang masih dalam tahap konstruksi, berada di dalam daftar sirkuit cadangan di kalender provisional MotoGP tahun ini yang akan dimulai pada 28 Maret nanti.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT