KONI Papua Segera Pulangkan Atlet TC dan Try Out di Jawa
JUBI.CO.ID | 08/07/2021 11:15
KONI Papua Segera Pulangkan Atlet TC dan Try Out di Jawa
Ilustrasi lomba lari cabang atletik. (Antara)

Jayapura, Jubi – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Papua segera memulangkan para atletnya yang tengah menjalani try out maupun pemusatan latihan (TC) di Pulau Jawa karena situasi pandemi Covid-19 yang kembali meningkat.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga yang memberlakukan try out maupun TC di Pulau Jawa untuk segera menarik pulang para atletnya kembali ke Bumi Cenderawasih.

Pasalnya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ditutupnya akses olahraga maupun pintu masuk dan keluar. Selain itu, sejumlah cabor juga diagendakan bakal menjalani tes iven pada Agustus dan September mendatang di venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

“Atlet akan dipulangkan. Secepatnya, semua atlet kita akan tarik kembali, karena venue-venue di sana akan ditutup. Atlet kita yang try out di seluruh tanah Jawa akan kita tarik kembali, secepatnya,” kata Kenius, Rabu (7/7/21) kemarin.

Sementara itu, Pengurus Provinsi Ikatan Olahraga Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Papua juga tengah mempertimbangkan untuk memulangkan atlet mereka yang saat ini sedang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua Harian IKASI Papua, Henry Muabuay, mengatakan pihaknya akan segera menarik atletnya ke Papua dalam waktu dekat mengingat situasi pandemi Covid-19 yang kembali meningkat di Jawa.

“Melihat situasi PPKM di Indonesia, kami dari Pengprov IKASI berharap agar minggu-minggu depan atlet kita sudah bisa kembali. Biar atlet kita bisa fokus latihan di Jayapura dan mereka bisa kita kirim untuk tes iven di Merauke sampai dengan pelaksanaan PON. Karena sejak Agustus 2019 mereka sudah berada di luar. Sekitar 1 tahun 7 bulan, tadi kita sudah rapat untuk merencanakan menarik mereka kembali,” ungkapnya.

Henry juga menegaskan jika seluruh atletnya sudah menjalani vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua tanpa kendala apapun. Dirinya menyatakan tim anggar sudah sangat siap menatap PON XX.

“Untuk vaksinasi semua atlet kita sudah jalani. Sudah tahap kedua. Tinggal kembali datang saja. Puji Tuhan semua aman dan tak ada kendala,” bebernya.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT