Obor PON akan Melewati Danau Sentani
JUBI.CO.ID | 18/08/2021 10:00
Obor PON akan Melewati Danau Sentani
Obor Pekan Olahraga Nasional (PON). Antara

Sentani, Jubi – Pelaksanaan acara seremonial pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan dilakukan di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Acara ini akan diawali dengan arak-arakan obor PON dari arah barat Kampung Toware, Dondai Distrik Waibhu lalu menuju bagian tengah melewati Kampung Yoboi, Yobeh, Putali, dan melewati selat Bukhi Maisolo yang dijemput langsung dengan tarian adat Kampung Ayapo menuju Dermaga Khalkote, disambut dengan 200 penari tradisional asal Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, selanjutnya menuju Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengaku, proses arak-arakan obor PON yang dilakukan secara tradisional oleh masyarakat adat Bhuyakha (Sentani), menggambarkan bahwa masyarakat adat di Kabupaten Jayapura turut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, kehadiran Presiden RI Jokowi dalam acara pembukaan nantinya, dengan mengenakan pakaian tradisional masyarakat Suku Bhuyakha. Pakaian adat tersebut akan dipakaikan langsung oleh para Ondofolo.

“Persiapan jalan masuk ke Dermaga Toware sedang dikerjakan, dan dalam waktu dekat sudah selesai. Sebanyak 200 penari yang akan menjemput obor PON di Dermaga Khalkote, seluruh masyarakat di pesisir Danau Sentani akan mengantar obor PON di atas perahu dengan tari-tarian tradisional,” ujar Bupati Awoitauw yang juga sebagai Ketua Sub PB PON Kabupaten Jayapura di Sentani, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, masyarakat adat mendukung penuh pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura, karena event nasional ini berdampak langsung bagi masyarakat, secara khusus untuk peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Kesiapan dari masyarakat adat di setiap kampung, kata dia, sudah disosialisasikan jauh hari, sehingga saat ini yang sedang dilakukan adalah pembersihan lingkungan di setiap kampung, juga penyiapan fasilitas penunjang lainnya untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang.

“Ada dua kapal wisata yang baru didatangkan untuk melayani masyarakat mengelilingi Danau Sentani, dan untuk kepentingan pembangunan pariwisata di Kabupaten Jayapura, ” ucapnya.

Sementara itu, Enos Deda, Ondofolo Kampung Ayapo mengatakan penyambutan obor PON XX melewati Danau Sentani adalah satu momen yang bersejarah dan pastinya tidak akan terulang kembali.

“Oleh sebab itu saya mengajak semua masyarakat yang ada di pesisir Danau Sentani, untuk secara bersama memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan PON di Kabupaten Jayapura. Apresiasi kepada pemerintah daerah yang selalu melibatkan masyarakat adat dalam setiap kegiatan. Kesempatan yang terbaik ini harus dimanfaatkan dengan baik, melibatkan diri secara langsung dan turut mendukung pelaksanaan event olahraga nasional di Kabupaten Jayapura,” katanya.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT