Dukungan Tol Laut untuk PON XX Papua
DARILAUT.ID | 06/07/2021 15:13
Dukungan Tol Laut untuk PON XX Papua

Darilaut – Angkutan tol laut dimaksimalkan sebagai dukungan dalam ajang olahraga terbesar nasional, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021 mendatang.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, terus melakukan koordinasi Penyelenggaran Angkutan Barang di Laut trayek T-19.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Taher Laitupa, mengatakan nantinya tol laut akan memegang peranan penting dalam hal distribusi akomodasi keperluan PON baik untuk para atlet maupun panitia. Selain itu, permintaan masyarakat di Papua terus meningkat sehingga kinerja tol laut terus dimaksimalkan.

“Saat ini tingkat kebutuhan masyarakat menggunakan Tol Laut begitu tinggi dan juga untuk penyelenggaran even nasional PON XX Papua di kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” kata Taher, Senin (5/7).

Menurut Taher, hal ini akan dijadikan momentum untuk mendongkrak potensi daerah dalam memproduksi komoditi-komoditi unggulan yang nantinya akan didistribusikan melalui tol laut.

“Sehingga para pelaku usaha ini dapat terus terpacu untuk meningkatkan hasil produksinya karena sudah memiliki pasar dan jalur distribusi yang teratur,” katanya.

Adapun komoditi unggulan yang saat ini tengah terus diproduksi guna memenuhi kebutuhan penyelenggaraan PON XX Papua seperti olahan kayu berupa furniture.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awaitouw mengatakan, muatan tol laut pada trayek T-19 terus meningkat seiring dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi dengan menggunakan layanan tol laut di Pelabuhan Depapre.

darilaut.id


BERITA TERKAIT