Penjelasan Wagub Soal Atlet PON Sumbar Dikawal Brimob di Papua
LANGGAM.ID | 17/09/2021 14:13
Penjelasan Wagub Soal Atlet PON Sumbar Dikawal Brimob di Papua
Logo dan Piktogram PON Papua. (Antara/PB PON)

Langgam.id – Bupati Jayapura, Provinsi Papua sekaligus Ketua Sub PB PON XX Papua Mathius Awoitauw mengkritik kebijakan tim PON asal Sumatra Barat (Sumbar) yang dikawal personel Brimob. Pengawalan saat menghadiri PON XX di Papua dinilai sangat berlebihan.

Menanggapi itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menjelaskan, bahwa pengamanan oleh personel Brimo Polda Sumbar dilakukan atas perintah lewat surat oleh Kapolri dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Seluruh kontingen itu diwajibkan membawa pengamanan dari provinsi masing-masing. Aceh gitu juga, jadi semua provinsi itu,” katanya di Padang, Jumat (17/9/2021).

Ia menjelaskan, dalam surat yang dikirim oleh Kapolri ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berisi imbauan dan diminta agar mengadakan pengamanan bagi kontingen PON masing-masing provinsi. Surat diberikan kepada KONI masing-masing.

“Jadi ini seluruh Polda, Aceh dan Jawa Timur dan Jawa Barat juga sudah mulai mengirim. Jadi bukan cuma Sumbar saja,” katanya.

Meski ada protes dari pemerintah setempat, Audy mengatakan tidak akan ada perubahan terhadap kebijakan itu. Kemudian, tidak akan ada penarikan pasukan pengamanan. Semua dilakukan sudah sesuai arahan dari pusat.

Diketahui sejumlah atlet asal Sumbar mulai diberangkatkan ke Papua untuk mengikuti PON XX. Mereka mendapat pengawalan dari Brimob Polda Sumbar selama mengikuti ajang itu.

Brimob Sumbar akan membantu pengamanan kontingen Sumbar di Papua dengan mengirimkan satu SSK guna mengantisipasi segala kemungkinan.

langgam.id


BERITA TERKAIT